Angka demam berdarah di Salatiga alami kenaikan

Selasa, 17 Desember 2013 - 01:24 WIB
Angka demam berdarah di Salatiga alami kenaikan
Angka demam berdarah di Salatiga alami kenaikan
A A A
Sindonews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga, menetapkan wilayah Kelurahan Bancaan, Kecamatan Sidorejo, sebagai daerah endemi penyakit demam berdarah dengue (DBD). Hal itu berdasarkan kasus DBD yang terjadi di kelurahan tersebut selama ini.

Kasus ini dialami ibu dan anak, yakni Lutfi Tandiana (17), dan Diah Ratnangisih (44), warga Jalan Siranda II/8 Bancaan. Keduanya sempat dirawat di rumah sakit dan kini kondisinya sudah membaik.

Sekretaris Dinkes Kota Salatiga Siti Zuraidah mengatakan, selain Kelurahaan Bancaan, di Salatiga ada beberapa daerah yang endemi DBD. Yakni Kelurahan Salatiga, Kalicacing, Dukuh, Ledok, Tegalrejo, Gendongan, dan Tingkir Tengah.

"Guna mengantisipasi munculkan kasus baru di Bancaan, kami melakukan fogging sebanyak dua kali. Fogging pertama dilakukan minggu lalu, dan kedua tadi siang (kemarin). Rencananya, fogging juga akan dilakukan di daerah endemi lainnya," katanya, kepada wartawan, Senin 16 Desember 2013.

Menurut dia, terhitung sejak Januari lalu hingga pertengahan Desember, ditemukan sebanyak 57 penderita DBD. Jumlah ini meningkat dibanding 2012 lalu. Bahkan, pada tahun ini ada penderita DBD yang meninggal dunia, yaitu seorang siswi sebuah SD di daerah Tegalrejo.

"Dari tahun ke tahun, jumlah penderita DBD di Salatiga meningkat. Pada 2011 ditemukan 13 kasus. Kemudian pada 2012 jumlah penderita DBD tercatat 24 orang. Dan tahun ini meningkat menjadi 57 orang," jelasnya.

Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Dinkes Kota Salatiga Enny Rusliawati menyatakan, upaya antisipasi penyebaran penyakit DBD harus dilakukan mulai tingkat rumah tangga.

Karena itu, masyarakat juga harus berperan aktif dalam melakukan langkah antisipasi. Itu bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Kami imbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan PSN terlebih pada musim penghujan ini. Sebab pada musim penghujan banyak genangan air yang bisa digunakan untuk perkembangbiakan nyamuk termasuk nyamuk penyebar DBD yakni aedes aegypti," ucapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3004 seconds (0.1#10.140)