Tolak hasil pilkades, warga Desa Leppan demo

Kamis, 12 Desember 2013 - 14:38 WIB
Tolak hasil pilkades, warga Desa Leppan demo
Tolak hasil pilkades, warga Desa Leppan demo
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga Desa Leppan, Kecamatan Malimbong Balepe, mendatangi kantor Bupati Tana Toraja lantaran tidak puas dengan hasil pemilihan kepada desa (Pilkades) yang digelar pada tanggal 31 Oktober 2013 lalu.

Para warga menuntut Bupati Tana Toraja tidak melantik calon kepala desa terpilih karena ditengarai telah melakukan perbuatan curang.

Setibanya di kantor Bupati, para pengunjuk rasa kemudian diterima Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Tana Toraja, Sulaiman Malia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun SINDO, pemilihan kepala desa Leppan yang dilaksanakan pada 31 Oktober lalu diikuti dua calon kepala desa. Masing-masing, Simon Supu Tandi Pare dan Johanis Tappang Sarira. Berdasarkan hasil pemungutan suara, Simon Supu Tandi Pare ditetapkan sebagai calon kepala desa terpilih karena memperoleh suara terbanyak.

“Kami meminta Bupati Tana Toraja tidak melantik calon kepala desa terpilih desa Leppan karena diduga kuat telah berbuat curang. Kami memiliki bukti-bukti kecurangan yang terjadi selama proses pilkades berlangsung,” ujar Ferdy yang ditunjuk sebagai juru bicara aksi warga desa Leppan di depan tim penerima aspirasi Pemkab Tana Toraja.

Dia menyatakan, temuan kecurangan selama proses pilkades yang diduga dilakukan calon kepala desa terpilih diantaranya dugaan money politik, mobilisasi massa serta ada pemilih yang tidak cukup umur ikut mencoblos.

Asisten I Bidang Pemerintah Umum Setda Tana Toraja, Sulaiman Malia, menyatakan, Pemkab Kabupaten Tana Toraja akan menampung aspirasi masyarakat Desa Leppan untuk ditindaklanjuti.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6042 seconds (0.1#10.140)