Kapal Pemkab Garut buat angkut imigran gelap

Senin, 09 Desember 2013 - 16:12 WIB
Kapal Pemkab Garut buat angkut imigran gelap
Kapal Pemkab Garut buat angkut imigran gelap
A A A
Sindonews.com - Kapal yang terbalik saat digunakan mengangkut 30 imigran merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berukuran 5 GT.

Salah seorang nelayan yang enggan diungkapkan identitasnya menuturkan, bila rencana menyebrangkan imigran berhasil, kapal tersebut kemudian akan digunakan untuk mencari ikan di laut.

“Biasanya, modus ini digunakan untuk menghindarkan kecurigaan petugas. Para penyebrang imigran akan berpura-pura pergi melaut mencari ikan, padahal menyebrangkan imigran. Setelah sukses, barulah mencari ikan,” katanya, Senin (9/12/2013).

Menurutnya, penyebrangan imigran gelap melalui pantai selatan Garut sudah sering dilakukan. Dari banyaknya aktivitas penyebrangan, beberapa diantaranya digagalkan oleh polisi karena terungkap.

“Seketat apapun penjagaan, kalau koordinator imigrannya belum tertangkap, ya pasti akan terulang lagi hal seperti ini. Apalagi kasusnya melibatkan oknum masyarakat sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Informatika Setda Kabupaten Garut Basuki Eko membenarkan penggunaan kapal bantuan Pemkab Garut di kasus penyelundupan imigran ini.

Menurut Eko, dua kapal tersebut digunakan hanya sebagai perantara para imigran menuju kapal pengangkut yang lebih besar. “Biasanya kapal pengangkut yang lebih besar sudah menunggu di tengah laut,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, koordinator penyebrangan para imigran ini merupakan warga setempat, yakni Jojon warga Kompleks Nelayan, Kampung Kiarakohok, Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet. Pihak berwajib, hingga kini masih melakukan pengejaran terhadapnya.

Terbaliknya kapal pengangkut imigran terjadi di Pantai Cikawung, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Penyebabnya, karena salah satu nelayan mencoba melompat ke salah satu kapal yang berjarak dekat.

Kapal kemudian oleng karena kehilangan keseimbangan dan kemudian terbalik. Tiga orang imigran, tewas dalam peristiwa nahas tersebut.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5417 seconds (0.1#10.140)