Jawa Barat & Banten

DPT Garut untuk Pileg 2014 kembali berkurang

Kamis,  5 Desember 2013  −  17:38 WIB
DPT Garut untuk Pileg 2014 kembali berkurang
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 di Kabupaten Garut kembali berkurang. Saat ini, jumlah DPT tercatat sebanyak 1.767.960 jiwa.
           
“Pada November sebelumnya kami sudah menetapkan DPT terakhir sebanyak 1.768.623 jiwa, namun setelah kembali direvisi, terdapat selisih dengan DPT yang sekarang, yaitu 663 jiwa,” kata Anggota Divisi Teknis dan Kehumasan KPUD Kabupaten Garut, Abdal, Kamis (5/12/2013).

Menurut Abdal, pada pengecekan itu pihak KPUD Kabupaten Garut melakukan penghapusan terhadap sejumlah identitas pemilih, diantaranya 15 pemilih yang dinyatakan meninggal dunia, 7 pemilih belum cukup umur, dan 71 pemilih karena pindah domisili ke daerah lain.

“Sementara 47 identias pemilih dihapus karena tidak diketahui keberadaannya dan 523 lainnya tercatat sebagai pemilih ganda juga dihilangkan dari DPT terbaru ini,” ujarnya.

Abdal memastikan DPT untuk Pileg 2014 ini sudah siap untuk digunakan. Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jabar Agus Rustandi mengimbau agar setiap warga Garut yang memiliki kesempatan untuk menyampaikan hak pilihnya untuk tidak cemas dengan pemutakhiran jumlah DPT. Pasalnya di setiap 14 hari sebelum pemilu dilaksanakan, KPU akan memberikan DPT Tambahan Khusus.
           
“Daftar tambahan ini akan memberikan kesempatan bagi setiap warga yang tidak tercantum dalam DPT untuk memilih. Kalau pun nanti masih juga ada warga yang tidak masuk DPT Tambahan Khusus, mereka masih bisa memilih dengan cara menyertakan KTP atau Kartu Keluarga. Jadi tidak usah khawatir,” pungkasnya.



(rsa)

views: 957x
shadow