90 rumah transmigrasi di Tana Toraja siap ditempati

Rabu, 04 Desember 2013 - 14:57 WIB
90 rumah transmigrasi di Tana Toraja siap ditempati
90 rumah transmigrasi di Tana Toraja siap ditempati
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 90 unit rumah di lokasi transmigrasi di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, siap untuk ditempati.

“Pembangunan rumah transmigrasi di Kecamatan Mengkendek sudah selesai dan siap untuk ditempati,” ujar Kepala Bidang Transmigrasi pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Tana Toraja, Silas Mangalik, di Makale, Rabu (4/12/2013).

Dia mengatakan, sebelum rumah transmigrasi yang dibangun sebanyak 90 unit ditempati para transmigran terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan rumah dan fasilitas di lokasi transmigrasi. Uji kelayakan tersebut dilakukan langsung tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan guna memastikan kondisi rumah yang sudah jadi itu layak atau tidak untuk dihuni para transmigran.

Sebelumnya, tim dari Kementerian Transmigrasi dan pemprov Sulsel juga sudah meninjau pembangunan di lokasi transmigrasi beberapa waktu lalu.

90 unit rumah yang sudah selesai dibangun itu akan diperuntukkan bagi transmigran penduduk setempat (lokal). Rencananya, setelah tim dari Pemprov Sulsel melakukan uji kelayakan, rumah transmigrasi itu sudah ditempati keluarga transmigrasi paling lambat 20 Desember 2013.

Total anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan transmigrasi tahun 2013 sekira Rp6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) tahun anggaran 2013.

“Jika tidak ada aral melintang, rumah transmigrasi sudah bisa ditempati para transmigran pada tanggal 20 Desember mendatang. Itu bisa terlaksana jika hasil uji kelayakan tim Pemprov Sulsel menyatakan rumah layak dihuni,” jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5079 seconds (0.1#10.140)