10 pelaku perusakan markas HMI Bandung diamankan

Senin, 18 November 2013 - 17:08 WIB
10 pelaku perusakan markas HMI Bandung diamankan
10 pelaku perusakan markas HMI Bandung diamankan
A A A
Sindonews.com - Sepuluh orang pelaku perusakan markas HMI Kabupaten Bandung diamankan oleh pihak kepolisian di Mapolsekta Panyileukan.

Kapolsekta Panyileukan, Kompol RN Mulyadi, menjelaskan, kesepuluh orang tersebut diamankan sesaat setelah kejadian, Minggu (18/11/2013) malam. Hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mengingat saat kejadian sudah banyak warga sekitar yang berkerumun di lokasi kejadian.

"Usai kejadian, ada seorang mahasiswa datang ke polsek laporan bahwa ada keributan. Kita langsung lakukan pengecekan, dan membawa 10 orang HMI dari Makasar ke Mapolsek," jelasnya, Senin (18/11/2013).

Saat ini pihaknya sudah memeriksa seluruh pelaku tersebut secara maraton. Namun pihaknya belum menentukan siapa tersangka yang telah melakukan perusakan dengan kerugian hingga Rp15 juta itu.

Dalam pemeriksaan oleh penyidik, para pelaku tidak ada yang mengaku melakukan perusakan. Namun polisi tak percaya begitu saja karena banyak saksi yang mengakui jika mereka telah melakukan perusakan.

"Mereka tidak ada yang mengaku. Tapi kan logikanya disana kaca-kaca pecah, dan ada saksi. Biar nanti kita buktikan saja dalam penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Selain mengamankan 10 pelaku, pihaknya juga menyita satu buah helm half-face yang diduga digunakan untuk memecahkan kaca bagian luar, kaca bagian dalam, dan beberapa hiasan yang ada di Markas HMI Kabupaten Bandung yang terletak di Komplek Cipadung Permai V, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Sementara itu, Ketua Delegasi HMI Makasar, MI (25), yang juga ikut diamankan mengaku jika kedangannya ke markas HMI Kabupaten Bandung diundang secara resmi melaui pesan elektronik atau email.

"Kita diundang secara resmi. Disini kami membantah disebut membawa senjata tajam dan molotov. Kalau untuk perusakan kami serahkan sepenuhnya kepada polisi," ucapnya.

Selain MI, sembilan pelaku lain DH (22), FA (21), ZU (21), RO (22), AL (22), MU (22), IR (22), MU (25), US 20 kini berada di Mapolsekta Panyileukan. Sementara lokasi kejadian untuk sementara diberi police line hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Sekretariat HMI Kabupaten Bandung dirusak
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6682 seconds (0.1#10.140)