KPU siap hadapi gugatan Rohmad

Jum'at, 08 November 2013 - 20:53 WIB
KPU siap hadapi gugatan Rohmad
KPU siap hadapi gugatan Rohmad
A A A
Sindonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang siap menghadapi gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang Rohadi Pratoto dan Muhamad Achadi ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.

Divisi Hukum dan Pencalonan KPU Kabupaten Magelang, Reni Pudjiastuti mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan di MK terkait gugatan tersebut.

"Setelah kami cek ke MK pagi tadi, memang pasangan Rohadi Pratoto-Muhamad Ahadi mengajukan permohonan ke MK," kata Reni, Jumat (8/11/2013).

Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui materi gugatan yang diajukan oleh pasangan yang diusung koalisi PKB, Golkar, dan PKS tersebut.
Ditambahkannya, setelah mengajukan permohonan, nanti sekitar satu minggu berikutnya baru mendapat nomor register dari Panitera MK.

"Kami belum bisa melihat materi gugatan sebelum permohonan itu diregister, hal ini dikhawatirkan sebelum mendapat nomor register gugatan tersebut dicabut," katanya.

Sejauh ini, pihaknya mengaku telah menyiapkan semua data dan administrasi lengkap. Hal itu guna persiapan menghadapi gugatan tersebut.

"Kami akan mengikuti saja, tinggal materi apa yang dipermasalahkan, kami telah siap," katanya.

Sementara pihak paslon nomor urut dua tersebut hingga saat ini masih belum memberikan konfirmasi secara resmi. Ketua Tim Pemenangan paslon Rohmad, Suwarsa mengaku belum berani memberikan keterangan terkait gugatan tersebut.

“Itu yang handle paslon sendiri,” ujarnya singkat.

Diketahui, pasangan Rohmad berada pada urutan kedua pada perolehan suara hasil Pilkada Kabupaten Magelang 2013, yakni meraih 194.076 suara atau 31,92 persen.

Sedangkan urutan pertama diraih oleh pasangan Zaenal Arifin dan Zaenal Arifin (Zamzam) yang diusung PDI Perjuangan dengan memperoleh 206.057 suara (33,9 persen).

Posisi ketiga ditempati pasangan yang diusung PPP dan PAN, Susilo-Mujadin Putu Murja dengan mendapat 92.171 suara (15,16 persen). Pasangan yang diusung Gerindra dan PKNU, yakni Arwan-Haiban Hajid menduduki urutan keempat mendapat 53.597 suara (8,82 persen).

Urutan kelima diraih pasangan yang diusung Demokrat, PPRN, Hanura, dan PBB, Ahmad Majidun-Sad Priyo Putro mendapat 38.713 suara atau 6,37 persen. Pasangan jalur perseorangan, yakni Handoko-Eko Purnomo hanya mendapat 23.309 suara (3,83 persen).
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)