Pemulangan pengungsi Syiah belum tuntas

Jum'at, 08 November 2013 - 16:10 WIB
Pemulangan pengungsi Syiah belum tuntas
Pemulangan pengungsi Syiah belum tuntas
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih santai dalam menangani masalah pengungsi Syiah Sampang, di Rusun Jemundo, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Hal itu menyusul masalah pemulangan para pengungsi tersebut.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, proses pemulangan tetap berjalan. Namun, dalam satu hingga dua hari masih tenang. "Satu hari hingga Dua hari ini saya memang tidak memberitakan," kata Soekarwo ditemui usai salat Jumat, di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (8/11/2013).

Soekarwo juga tidak menyebut kapan pemulangan warga Syiah di Rusun Jemundo itu tuntas. Menurutnya, semuanya masih proses pematangan. "Dalam satu dua hari ini masih proses pematangan," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan, ada titik terang bahwa para pengungsi Syiah segera kembali ke kampung halamannya, pada Rabu 7 November 2013 malam.

Hal itu setelah Menteri Agama dengan didampingi pejapat Pemprov Jatim datang ke lokasi seperti asisten III Sekda setempat Edi Purwinarto, Dirjen Pendidikan Agama Islam Nur Syam, Rektor IAIN Ampel Abdul Ala (Pelaksana Rekonsiliasi), Kakanwil Kemenag Jatim Sudjak.

Sementara dari data Kanwil Kemenag Jatim tercatat, ada 69 Kepala Keluarga (KK) di pengungsian itu. Selama di pengungsian, mereka mendapat perhatian berupa fasilias pendidikan bagi anak-anak, pelayanan kesehatan, dan termasuk pemberian uang santunan Rp1.625.000 perkepala perbulan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4405 seconds (0.1#10.140)