Jawa Tengah & DIY

Oktober, royal wedding putri ke-4 Sultan HB X

Minggu,  29 September 2013  −  14:35 WIB
Oktober, royal wedding putri ke-4 Sultan HB X
IST jogjakini.com

Sindonews.com - Acara resepsi pernikahan putri keempat Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, GKR Hayu dan KPH Notonegoro pada 23 Oktober mendatang dipastikan berlangsung meriah. Royal wedding tersebut melibatkan 12 kereta dan 78 kuda.

Kabag Humas Sekda DIY Iswanto mengatakan, gladi kotor kirab pernikahan digelar pada 6 Oktober mendatang.

"Gladi kotor 12 kereta dan melibatka 78 kuda digelar 6 Oktober mendatang," katanya, Minggu (29/9/2013).

Iswanto mengatakan, 12 kereta milik Keraton Yogyakarta sudah disiapkan, termasuk 78 kuda yang sebagian didatangkan dari Lembang, Jawa Barat.
 
"Rombongan pengantin berangkat dari Keben Keraton melewati Alun-alun Utara, sedangkan rombongan raja berangkat dari Pagelaran dibelakang rombongan pengantin menuju Kompleks Kepatihan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, rombongan pengantin akan dikawal dua bregodo, yakni Daeng dan Bugis. Roombongan mempelai juga akan diiringi penari Lawung yang menaiki 12 kuda. Rombongan pengantin terdiri lima kereta yang berada di barisan depan.

Lima kereta ini terdiri dari Kereta Jongwiyat yang akan dinaiki mempelai, Kereta Kyai Kanjeng Notopuro untuk utusan ndalem, Kereta Rejopawoko untuk patah manten, Kereta Rotobiri dan Kereta Permili untuk penari bedhoyo.

Di belakang rombongan mempelai adalah rombongan raja. Ada empat kereta untuk keluarga Keraton Yogyakarta ini. Raja Sri Sultan HB X beserta Ratu GKR Hemas akan menaiki Kereta Kanjeng Wimono Putro.

"Kereta  yang dinaiki raja dan ratu ditarik delapan kuda. Panjang kereta sekitar 10 meter," kata Iswanto

Berikutnya dalah Kereta Kus Abud, Kus Cemeng dan Kus Ijem untuk keluarga keraton. Rombongan raja ini akan dikawal empat bregodo yakni Bregodo Wirobrojo, Bregodo Mantrijero, Bregodo Ketangung dan Bregodo Prawirotomo.

Menurut Iswanto, Keraton Yogyakarta juga menyiapkan tiga kereta untuk keluarga Kadipaten Pakualaman. Tiga kereta yang disiapkan adalah Kereta Kyai Kanjeng Mondrojowolo yang dinaiki Sri Paduka Pakualaman (PA) IX serta kereta Kus Gading yang untuk kerabat PA yang lain.

Kirab pernikahan agung Keraton Yogyakarta ini bakal menjadi salah satu perhelatan terbesar di negeri ini. Sejumlah jurnalis mancanegara pu sudah mengajukan izin untuk meliput royal wedding ini.

Panitia juga sudah menyediakan sejumlah titik untuk pengambilan gambar dan peliputan.


(lns)

views: 2.431x
shadow