Sumatera

Kebakaran di Pasar Simpang Haru, 24 toko ludes, 1 petugas terbakar

Senin,  23 September 2013  −  14:42 WIB
Kebakaran di Pasar Simpang Haru, 24 toko ludes, 1 petugas terbakar
Ilustrasi (Dok SINDOphoto)

Sindonews.com - Sebanyak 24 petak toko di Pasar Simpang Haru Padang, Kecamatan Padang Timur, Sumatera Barat (Sumbar) ludes dilahap sijago merah, Senin (23/9/2013).

Dalam insiden tersebut, satu petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Riko, terkena semburan soda api, mulai dari kaki hingga tangannya saat berusaha memadamkan api.

"Insiden ini terjadi saat pendinginan dari sebuah toko yang menjual cat, tiner cat tumpah ke tubuh petugas, api yang masih ada langsung menyambar petugas, petugas kita yang lain dengan sigap menyemprotkan air ke tubuh Riko, ia langsung dilarikan ke rumah sakit, kini sudah di istirahatkan di rumahnya," kata Kepala Damkar dan BPBD Kota Padang, Budi Herwanto, Senin (23/9/2013).

Menurut Budi, kebakaran tersebut menghanguskan 24 petak toko di Petak AA II Pasar Simpang Haru. "Diduga kejadian ini arus pendek, sebab saat kejadian pada pukul 07.00 WIB toko belum dibuka," ujarnya.

Api bisa dipadamkan selama 45 menit dengan ukuran 6x4 meter yang terbuat semen. Api cepat membakar toko tersebut karena kondisi rapat. "Kerugian diperkirakan sebanyak Rp1 miliar lebih," katanya.

Sementata menurut informasi dari Kabid Damkar Kota Padang, Edy Asri ada tujuh unit mobil damkar beserta anggota sebanyak 68 orang dari regu piket B yang diturunkan untuk memadamkan api serta mencegah merambatnya api ke wilayah yang lebih luas.


(rsa)

views: 1.110x
shadow