2 pasangan calon bupati Wajo saling klaim menang

Kamis, 19 September 2013 - 16:38 WIB
2 pasangan calon bupati Wajo saling klaim menang
2 pasangan calon bupati Wajo saling klaim menang
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wajo menyatakan, belum ada pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wajo sebelum hasil perhitungan rekapitulasi suara.

Sehari setelah Pilkada Wajo, ada dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Wajo yang menyatakan diri sebagai pemenang. Kedua pasangan calon adalah nomor urut enam Amran Mahmud–Yusuf Korosi dan nomor urut lima Andi Burhanuddin Unru–Syahrir Kube yang merupakan incumben.

Mereka, mengkalim dirinya sebagai pemenang dengan dasar hasil perhitungan cepat yang dilakukan oleh masing-masing tim.

Dalam keterangan persnya, pasangan nomor urut lima yang wakili ketua tim pemenangan Nurman menyatakan, pihaknya menang di sepuluh kecamatan. Dari 14 belas kecamatan yang ada di Kabupaten Wajo, dengan perolehan 90.080 suara atau sekira 40,33 persen.

Sementara, pasangan nomor urut enam dalam keterangan persnya menyatakan pihaknya yang menang, dengan perolehan suara 41 persen.

Bahkan kedua pasangan calon ini, bersama pendukung dan simpatisannya, di masing-masing posko telah merayakan kemenangan mereka dengan menggelar pesta kembang api.

Walau kedua pasangan calon tersebut menyatakan diri sebagai pemenang dengan berdasar data para saksi di 888 TPS. Namun, pihak KPU belum mengakui kemenangan tersebut sebelum ada hasil perhitungan rekapitulasi dari setiap kecamatan.

Ketua KPU Kabupaten Wajo Nurwana mengatakan, pemenang Pilkada Wajo akan ditentukan dalam hasil perhitungan rekapitulasi yang rencananya dilakukan pada 23 September 2013.

Data wajib pilih di Kabupaten Wajo adalah 313.068 suara dengan 888 jumlah TPS yang tersebar di 14 kecamatan, di Kabupaten Wajo.

Untuk mencegah terjadinya bentrokan, posko kedua pasangan calon yang mengkalim diri sebagai pemenang dan kantor KPU dijaga ketat oleh aparat keamanan yang bersenjata lengkap.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.6957 seconds (0.1#10.140)