Kalimantan & Sulawesi

Toraja buka 50 formasi CPNS kategori umum

Selasa,  10 September 2013  −  17:02 WIB
Toraja buka 50 formasi CPNS kategori umum
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara mulai membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2013 kategori umum. Pendaftaran mulai dibuka, pada 16-20 September 2013.

“Pendaftaran CPNS kategori pelamar umum mulai dibuka 16 September dan akan ditutup pada 20 September 2013,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Toraja Utara Yosephina S Pali kepada wartawan, di Rantepao, Selasa (10/9/2013).

Dia mengatakan, Pemkab Toraja Utara tahun ini mendapat jatah CPNS sebanyak 50 formasi. Dengan rincian, Guru SD 35 orang, guru SMK Teknik Otomotif (S1 dan akta IV) empat orang, guru SMK Teknik Las empat orang, guru SMK Teknologi Informatika lima orang dan guru SMK Akuntansi 2 orang.

"Sistem penerimaan CPNS pelamar umum belum online. Calon pelamar yang berminat mengikuti seleksi harus datang sendiri membawa surat lamaran ke panitia seleksi CPNS Kabupaten Toraja Utara di kantor BKD setempat," terangnya.

Ditambahkan dia, surat lamaran harus ditulis tangan menggunakan huruf balok dan tinta berwarna hitam. Map berkas lamaran untuk formasi tenaga guru SD berwarna biru dan guru SMK berwarna kuning.

"Usia pelamar CPNS Toraja Utara paling rendah 18 tahun, dan paling tinggi 35 tahun, dengan Indeks prestasi (IP) kumulatif paling rendah 2,75," jelasnya.

Dia melanjutkan, pelamar juga tidak pernah dihukum penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap. “Tahun ini, Toraja Utara hanya mendapat jatah CPNS kategori pelamar umum untuk formasi guru SD dan SMK,” tukasnya.

Diterangkan dia, pelaksanaan seleksi CPNS akan dilaksanakan mulai 3 November 2013. Seleksi penerimaan CPNS tahun ini akan lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Dia juga memastikan, penerimaan CPNS kali ini bebas dari KKN.

Untuk itu, dia mengimbau para calon pelamar waspada dengan calo. “Jangan mudah percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan CPNS, apalagi meminta uang imbalan. Saya pastikan itu modus penipuan,” tegas Yosephina.

Sementara itu, jumlah warga yang mengurus kartu kuning di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Toraja Utara, mulai meningkat. Hal itu menyusul dibukanya pendaftaran CPNS di lingkungan Pemkab Toraja.

“Rata-rata, dalam sehari 15-20 orang yang mengurus kartu pencari kerja atau kartu kuning di Dinsosnakertrans. Dua kali lipat dari hari biasanya. Hingga saat ini, jumlah warga yang tercatat mengurus kartu kuning sebanyak 1.665 orang,” ujar Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinasosnakertrans Toraja Utara Damaris Tallulembang.


(san)

views: 5.637x
shadow