Kalimantan & Sulawesi

Eks Kapolres Jakarta Pusat jabat Wakapolda Sulsel

Senin,  9 September 2013  −  19:17 WIB
Eks Kapolres Jakarta Pusat jabat Wakapolda Sulsel
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Markas Besar (Mabes) Polri melakukan mutasi di jajaran perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Mutasi ini termasuk pergantian sejumlah pejabat di lingkup Polda Sulselbar.

Berdasarkan Surat Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/1772/IX/2013, Wakapolda Sulselbar Brigjen Pol Syahrul Mamma ditarik ke Mabes Polri sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik.

Pergeseran tersebut sebagai bentuk promosi kepada Syahrul Mamma untuk meraih pangkat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen). Sedangkan penggantinya, Kapolri Jenderal Timur Pradopo menunjuk Brigjen Pol Ike Edwin untuk duduk menjabat sebagai Wakapolda Sulselbar.

"Surat TR ini baru kita dapat dari Mabes Polri. Pergeseran beliau (Syahrul Mamma) ke Mabes Polri sebagai bentuk promosi jabatan," kata Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Endi Sutendi, Senin (9/9/2013).

Brigjen Pol Ike Edwin diketahui pernah menjabat sebagai Kapolres Jakarta Pusat. Sebelum dimutasi ke Polda, Ike terakhir kali menjabat Widya Iswara Madya Sespim Polri. Selain pergantian posisi Wakapolda, empat pejabat utama juga mengalami pergeseran.

Masing-masing Direktur Narkoba Polda Sulselbar Kombes Pol Bambang Sukardi digeser ke Lembaga Pendidikan Polri. Penggantinya Kombes Pol Aziz Djamaluddin yang sebelumnya menjabat Direktorat Narkoba Bangka Belitung.

Kapolres Takalar AKBP Nasrun juga dipindahkan ke Biro Operasional Polda Sulselbar. Pengganti Nasrun adalah Kapolres Mamuju AKBP Darwis Rincing.

Sementara itu, posisi Darwis Rincing sebagai Kapolres Mamuju digantikan oleh AKBP Eko Wagiyanto yang merupakan mantan Kasat Reskrim Polrestabes Makassar. Endi menyebutkan, pergeseran sejumlah jabatan di lingkup Polda tersebut sebagai bentuk penyegaran di organisasi Polri.

Selain itu, hal ini pula sebagai bentuk promosi jabatan kepada beberapa perwira Polri. "Hal ini biasa. Tidak terkait suatu kasus atau apa pun. Ini semata-mata penyegaran dan kebutuhan organisasi Polri," katanya.

Brigjen Pol Syahrul Mamma yang dikonfirmasi, mengaku telah menerima TR Mabes Polri tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan amanah dari pimpinan tertinggi di Mabes Polri.

"Pergantian ini amanah dari pimpinan, dan terima kasih kepada masyarakat Sulsel atas perannya dalam menjaga keamanan selama saya menjabat Wakapolda," kata Syahrul yang beberapa hari kedepan akan berpangkat Irjen ini.


(rsa)

views: 5.529x
shadow