Pilkada

Hari ini penentuan Pilgub Jatim

Sabtu,  7 September 2013  −  17:00 WIB
Hari ini penentuan Pilgub Jatim
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) digelar. Rapat pleno ini adalah penyampaian rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilukada Jatim yang digelar pada 29 Agustus lalu.

Pantauan di lokasi, ratusan aparat kepolisian menjaga ketat Hotel Shangrilla, Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya. Di depan lokasi terlihat mobil bermuatan kawat berduri serta satu unit mobil water cannon.

Tak hanya itu, Mobil Gegana dari Sat Brimob Polda Jatim nampak siaga di lokasi. Belum lagi, ratusan kendaraan taktis roda dua juga berjajar rapi di lokasi. Sementara akses masuk ke area rekapitulasi juga dijaga ketat. Sejumlah undangan harus melalui screening petugas dan metal detector.

Pihak Kepolisian melakukan pengamanan sesuai dengan SOP di acara penentuan pemimpin Jatim untuk lima tahun kedepan. Di rekapitulasi ini, KPU Jatim menyebar 600 undangan. Dari jumlah tersebut di antaranya adalah empat pasangan calon yang bertarung di Pilgub Jatim 2013.

Namun, datang atau tidaknya pasangan calon ini tidak akan mempengaruhi jalannya rekapitulasi.
"Kita telah menyebar 600 undangan. Termasuk 4 pasangan calon. Mereka datang atau tidak nggak akan mempengaruhi proses ini. Yang jelas sudah kami undang," kata Divisi Pelaksana Teknis Pemilu KPU Jatim Agus Mahfudz Fauzi, di Jatim, Sabtu (7/9/2013).

Seperti diketahui, Pemilukada Jawa Timur diikuti empat pasangan calon. Mereka adalah Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa), Eggi Sudjana-M Sihat (BerES), Bambang DH-Said Abdullah (BDH-Said), Khofifah-Herman (BerKaH). Sementara hitung cepat empat lembaga survei menempatkan pasangan KarSa sebagai pemenang dengan perolehan rata-rata 41 persen.


(maf)

views: 2.517x
shadow