1.700 orang miskin di Karawang belum ambil BLSM

Jum'at, 06 September 2013 - 19:27 WIB
1.700 orang miskin di Karawang belum ambil BLSM
1.700 orang miskin di Karawang belum ambil BLSM
A A A
Sindonews.com - Sekitar 1.700 masyarakat miskin di Karawang, Jawa Barat, pada tahap pertama belum mendapatkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Hal ini terjadi diduga karena minimnya sosialisasi mengenai waktu pengambilan BLSM.

"Kurangnya sosialisasi menjadi kendala bagi mereka masyarakat miskin yang hendak mengambil BLSM, ada sekitar 1.700 masyarakat miskin yang belum dapat," ujar Asep Tohari Ketua Satgas BLSM yang ditemui di Kantor Camat Karawang timur, Kabupaten Karawang, Jumat (6/9/2013).

Dari jumlah alokasi 161.463, diakuinya yang terealisasi 98 persen pada tahap pertama. "Sisanya yang 2 persen masih belum dapat," katanya.

Asep mengimbau agar masyarakat yang belum mendapatkan BLSM pada tahap pertama segera mengambil bersamaan dengan tahap kedua. Saat ini pembagian BLSM tahap dua itu sendiri masih dalam proses.

"Yang belum, bisa ngambil di tahap ke dua, untuk awal minggu pertama d Karawang Timur, Barat sama Ciampel. Terakhir Teluk Jambe Timur," terangnya.

Pembagian di tahap dua berlangsung dari tanggal 2 September - 22 November. Ditargetkan perhari dapat melakukan pembagian BLSM kepada 1.500 orang per titik pembayaran.

"Kini pembagian sudah berlangsung, dan kami harapkan bisa berjalan dengan lancar. Karena sekarang pengamanan dan pembagian lebih diperketat dengan adanya bantauan dari pemkab. Selain kepolisian, Satpol PP kini membantu mengamankan pembagian BLSM di titik pembayaran," tukas Asep.

Selain itu, jumlah penerima BLSM sudah. Perubahan itu terjadi karena warga yang kehidupannya sudah layak, meninggal atau pindah.

"Hasil jumlah tersebut diusulkan pada saat musyawarah desa terkait penggantian RTS berimbang, namun pengalokasian tidak berubah karena tidak ada penambahan ataupun pengurangan," katanya.

Sementara itu Hanafi (53) warga Kelurahan Tunggak Jati , Kecamatan Karawang Barat mengatakan untuk sosialisasi selama ini tidak ada masalah. Hanya saja pembagian harus mengantre cukup lama.

"Saya dari tadi siang samapai sekarang masih belum dapat, ini antrinya panjang," ujarnya.

Pembagian BLSM tahap dua ini berlangsung dengan lancar di beberapa titik pembagian seperti Kantor Camat Karawang timur, Kantor Camat Karawang Barat, dan Ciampel.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1576 seconds (0.1#10.140)