Jawa Tengah & DIY

Target penerima BSM Jateng sebanyak 2.155.151 siswa

Rabu,  4 September 2013  −  02:24 WIB
Target penerima BSM Jateng sebanyak 2.155.151 siswa
Ilustrasi (Dok foto: Andi Ilham/Koran Sindo)

Sindonews.com - Sebanyak 2.155.151 siswa miskin di Jawa Tangah (Jateng) dijadikan sasaran penerima bantuan siswa miskin (BSM) tahun 2013 ini.

Para orang tua murid yang merasa mempunyai kartu perlindungan sosial (KPS) diminta segera mendaftarkan ke sekolah agar bisa menerima bantuan tersebut. Sebab, pada tahap kedua penyaluran BSM tahun ini, pendaftarannya dibatasi pada 13 September 2013 mendatang.

“Saya imbau kepada orang tua yang punya  KPS segera  melapor ke sekolah anaknya, agar data anaknya direkap dan diikutkan ke program BSM,” kata Asisten Koordinator Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Ari Perdana di sela acara Sosialisasi media massa “Mekanisme bantuan siswa miskin melalui kartu perlindungan sosial (KPS)", di Semarang, Selasa (3/9/2013).

Dikatakan Ari, anak yang berhak mendapatkan BSM adalah anak usia sekolah dari jenjang SD/SMP/SMA serta MI/Mts/MA. Besaran manfaat BSM yang akan diterima adalah sebesar Rp225 ribu per semester untuk siswa SD/MI, untuk siswa SMP/Mts mendapatkan Rp375 ribu per semester, sedangkan untuk siswa SMA/SMK/MA mendapatkan Rp500 ribu per semester.

“Dana bantuan ini untuk mengcover kebutuhan non operasional sekolah, seperti transportasi, seragam, buku, dan sebagainya,” imbuhnya.

Dijelaskan dia, peluang siswa miskin di Jateng untuk mendapatkan bantuan siswa miskin (BSM) masih terbuka lebar. Sebab, sebanyak 16,6 juta siswa di Indonesia yang menjadi sasaran program tersebut, yang baru teralisasi pada tahap pertama baru 10 persen.

“Pada penyaluran tahap pertama program ini belum menggaung di sekolah, karena bertepatan dengan puasa dan libur sekolah, pada penyaluran tahap kedua ini saya harap siswa miskin segera mendaftar, karena dana ini merupakan haknya,” katanya.

Penyaluran BSM tahap kedua ini diperkirakan akan cair pada akhir September atau awal Oktober 2013 mendatang. Bantuan itu bisa diterima langsung oleh siswa melalui kantor pos terdekat. 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Jateng, Johny Lorang mengaku, program tentang BSM sudah disampaikan ke sekolah yang ada di sekolah kabupaten/kota Jawa Tengah.

“Jumlah siswa di Jateng yang di bawah Dinas Pendidikan sebanyak 5.526.509 siswa, dari jumlah itu 50 persen mendapatkan BSM,” ujarnya.

Johny mengaku, Dinas Pendidikan memberikan dukungan penuh terhadap program ini.


(rsa)

views: 1.437x
shadow