Pilkada Lebak, anak Jayabaya unggul quick count

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 19:21 WIB
Pilkada Lebak, anak Jayabaya unggul quick count
Pilkada Lebak, anak Jayabaya unggul quick count
A A A
Sindonews.com - Anak Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, Iti Oktavia yang berpasangan dengan Ade Sumardi, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Lebak 2013 dinyatakan unggul dalam perhitungan cepat (quick count) Saiful Mujani Research and Constulting (SMRC).

Berdasarkan hasil penghitungan, pasangan Iti-Ade yang diusung Partai Demokrat, PDIP, Hanura, Gerindara, PPP, PKS, PPNU, meraih suara 60,55 persen.

Sedangkan Amir Hamzah (Wakil Bupati Lebak saat ini) yang berpasangan dengan Kasmin (warga suku baduy) yang didukung Partai Golkar meraih 36,24 persen suara. Selanjutnya ada Pepep Faisaludin-Aang Rasidi yang maju dari jalur perseorangan dengan perolehan suara sebanyak 3,21 persen.

Ditambahkan dia, tingkat partisipasi Pilkada Lebak sebesar 74,74 persen. Sedang margin of error atau toleransi kesalahan survei 1 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Artinya, perolehan suara kandidat dari hasil quick count bisa digeser ke atas atau ke bawah sebesar 1 persen.

“Perhitungan cepat ini dilaksanakan dengan memilih 200 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di setiap kecamatan, di Kabupaten Lebak,” ujar Senior Analis SMRC Adam Kamil, kepada wartawan, Sabtu (31/8/2013).

Ditambahkan dia, sampel TPS dipilih dengan metode kombinasi stratrifield-cluster random sampling. TPS yang dijadikan pilihan, dibagi dalam enam zona. Untuk zona satu, terdiri dari Kecamatan Cibadak, Kalanganyar, Rangkasbitung dan Warunggunung.

Untuk zona dua, terdiri dari Kecamatan Cipanas, Curugbitung, Lebakgedong, Maja dan Sajira. Zona tiga melingkupi Kecamatan Bojongmanik, Cimarga, Cirinteun, Leuwidamar, Muncang dan Sobang.

"Sedang untuk zona empat meliputi Bayah, Cibeber, Cihara, Cilograng, dan Penggarangan. Kemudian zona lima meliputi Kecamatan Cigemblong, Cijaku, Malingping dan Wanasalam. Zona terakhir meliputi Banjarsari, Cikulur, Cileles, dan Gunungkencana," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8906 seconds (0.1#10.140)