Pilkada

2 lembaga survei gelar quick count Pilkada Enrekang

Rabu,  28 Agustus 2013  −  12:19 WIB
2 lembaga survei gelar quick count Pilkada Enrekang
Ilustrasi Okezone

Sindonews.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Enrekang digelar besok. Sejumlah lembaga survei dan konsultan politik akan menggelar perhitungan cepat (quick count) pada Pilkada Enrekang itu.

Informasi yang diperoleh KORAN SINDO MAKASSAR, lembaga survei dan konsultan politik yang akan menggelar quick count Pilkada Enrekang yakni, Adhyaksa Supporting House (ASHO) dan Celebes Research Centre (CRC).

Konsultan Lembaga Survei ASHO Halim Kamaruddin membenarkan ASHO akan menggelar perhitungan cepat di Pilkada Enrekang. Perhitungan cepat yang dilakukan ASHO dimulai perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) dan ditutup pada pukul 13.00 Wita.

Tempat perhitungan cepat dipusatkan di kelurahan Kambiolangi kecamatan Alla kabupaten Enrekang.

Menurutnya, metode survei yang akan dilakukan ASHO dengan mengambil sampel 160 TPS dari 457 TPS yang disiapkan Komisi Pemilihan umum (KPU) di 12 kecamatan se Kabupaten Enrekang.

Dan margin of error plus minus 1 persen. Hasil quick count yang dilaksanakan ASHO sudah bisa diketahui dua jam setelah pencoblosan karena ada beberapa TPS di daerah terpencil yang menjadi sampel sulit dijangkau jaringan komunikasi.

“Insya Allah, pukul 15.00 Wita atau dua jam setelah pencoblosan, hasil penghitungan cepat sudah bisa kita ketahui,” ujarnya, Rabu (28/8/2013).

Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Konsultan Politik CRC, Herman Heizer juga membenarkan pihaknya akan melakukan perhitungan cepat.

Hasil perhitungan cepat lembaga CRC akan dilakukan setelah pencoblosan di TPS ditutup dan hasilnya sudah bisa diketahui dua jam kemudian.

“Metode yang kami lakukan dengan mengambil sampel 150 TPS di 12 kecamatan dengan margin of error plus minus 1 persen,” ujar Herman.

Juru bicara pasangan calon bupati-wakil bupati Muslimin Bando-Amiruddin (MBA), Amrullah dihubungi KORAN SINDO MAKASSAR mengatakan pasangan MBA akan menggelar perhitungan cepat di posko induk tim pemenangan pasangan MBA di kelurahan Kambiolangi Kecamatan Alla.

Pasangan MBA optimistis suara yang diperoleh pasangan MBA tertinggi dari pasangan calon lainnya. Bahkan, pasangan MBA yang diusung partai Golkar, Demokrat, Hanura, PAN, PDI Perjuangan akan memenangkan dalam satu putaran.

Sebelum pemungutan suara, calon Bupati Muslimin Bando bersama pendukungnya juga akan menggelar doa bersama di kediamannya di kelurahan Kambiolangi Kecamatan Alla. 

“Dalam melakukan perhitungan cepat, pasangan MBA menggandeng lembaga survei Adhyaksa Supporting House (ASHO),” ujarnya.

Master Campaign pasangan nomor urut 2 Ridwan Abdullah-Muzakkir (Ridhamu), Abdul Syukur menyatakan pasangan Ridhamu akan menggelar real quick count di setiap TPS.

Dalam melakukan real quick count, pasangan Ridhamu menggandeng beberapa alumni/mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

“Insya Allah, pukul 16.00 Wita kami sudah bisa mengetahui hasil perolehan suara di semua TPS,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Enrekang, Usman Abdullah mengimbau agar masyarakat tetap tenang dalam menyikapi hasil penghitungan cepat yang dilakukan pasangan calon maupun  lembaga survei.

Dikatakan Usman Abdullah, masyarakat harus bersabar menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Enrekang yang rencananya akan dilaksanakan pada 5 September 2013.

“Pemenang Pilkada Enrekang akan ditentukan dari hasil penghitungan manual tingkat kabupaten yang dilakukan KPU,” ujarnya. 


(lns)

views: 1.456x
shadow