Pidato kenegaraan, 32 anggota DPRD Muba bolos

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 16:57 WIB
Pidato kenegaraan, 32 anggota DPRD Muba bolos
Pidato kenegaraan, 32 anggota DPRD Muba bolos
A A A
Sindonews.com - Rasa nasionalisme para wakil rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) patut dipertanyakan. Pasalnya, dalam rangkaian acara peringatan HUT RI ke-68 dengan agenda pidato kenegaraan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Gedung DPRD Muba, 32 anggota DPRD Muba bolos tanpa alasan yang jelas.

Sementara Wakil Ketua I dan II DPRD, hanya mengantongi keterangan izin. Acara tersebut dihadiri Bupati Muba, H Pahri Azhari, Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi, Sekda Kabupaten Muba, H Sohan Majid, unsur muspida, tokoh masyarakat dan para tamu undangan.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Muba, H Uzer Effendi, mengatakan dirinya tidak tahu alasan pasti mengapa puluhan anggota dewan bolos. Namun dia memperkirakan ketidakhadiran para anggota DPRD Muba lantaran adanya kegiatan atau kerja yang berbarengan dengan pidato kenegaraan tersebut. Namun Uzer mengaku sulit menjelaskan ketidakhadiran hampir tiga perempat anggota DPRD dengan semangat nasionalisme.

"Wah susah yah, untuk mengatakan ketidakhadiran para anggota dewan karena tidak adanya rasa nasionalisme. Mungkin ada kegiatan yang berbarengan. Sama halnya dengan para dinas-dinas yang mungkin juga ada kegiatan," kata Uzer, Jumat (16/8/2013).

Sebagaimana pidatonya, Presiden SBY, menginginkan agar masyarakat ataupun kelompok tertentu untuk menghindari yang dapat menimbulkan konflik dan propaganda. Dikatakan Presiden, semua pihak harus bekerjasama dalam mencegah aktivitas politik yang memicu konflik antar sahabat.

"Jangan lukai perasaan Bangsa Indonesia, karena kita tidak menyakiti perasaan bangsa lain. Pertahankan kedaulatan dan NKRI. Pemerintah sangat prioritas terhadap korupsi, teroris. Di usia 68 tahun kemerdekaan, jadikan Indonesia sebagai negara maju, adil, dan makmur," terang SBY dalam pidato kenegaraannya tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat Dewan Kabupaten Muba, Wanarman mengatakan belum mengetahui secara persis tingkat kehadiran dewan dan siapa saja yang tidak hadir .

“Saya belum sempat lihat absensinya. Dan belum ada laporannya bagi mereka yang tidak hadir,” ujar Wanarman.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0763 seconds (0.1#10.140)