Pilkada

Pilbup Magelang, enam Bapaslon lolos tes kesehatan

Selasa,  13 Agustus 2013  −  07:57 WIB
Pilbup Magelang, enam Bapaslon lolos tes kesehatan
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menyatakan enam Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Magelang telah lolos tes kesehatan. Hasil tersebut setelah keenam Bapaslon mengikuti tes kesehatan pada 29 Juli-2 Agustus 2013.

"Semua Bapaslon dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani," ujar Divisi Pencalonan dan Hukum KPU Kabupaten Magelang Reni Pujiastuti, Selasa (13/8/2013).

Rencananya, hasil tes kesehatan tersebut akan disampaikan kepada masing-masing Bapaslon, hari ini. "Hari ini kami akan mengirim secara resmi hasil tes kesehatan," lanjutnya.

Sementara hasil verifikasi syarat pendaftaran, KPU setempat masih menemukan kekurangan secara administratif dari para Bapaslon. Diantaranya lampiran ijazah terakhir Cabup ataupun Wabup, fotokopi KTP, NPWP, tanda terima LKHPN dari KPK-RI, surat keterangan tidak punya utang dari Pengadilan Negeri (PN).

Selain itu, masih ada yang kurang terkait keterangan tidak dalam posisi pailit dari pengadilan niaga. Naskah visi-misi bapaslon Cabup, tim pemenangan kampanye serta nomor rekening bank bagi tim pemenangan juga masih belum dilengkapi.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Makmun Rakhmatullah, menyampaikan setelah melewati tes kesehatan, tahapan pendaftaran Cabup dan Wabup Magelang berikutnya yakni perbaikan syarat pencalonan.

Untuk bapaslon yang diusung parpol diberikan waktu pada 14-20 Agustus mendatang. Sementara bagi penyerahan kekurangan bapaslon independen pada 14-27 Agustus.

"Syarat dukungan tambahan akan diserahkan oleh KPU ke PPS melalui PPK pada 27 Agustus mendatang. Dilanjutkan verivikasi faktual akan dilanjutkan PPS satu minggu dari 28 Agustus hingga 3 September mendatang," jelasnya

Diketahui, pesta demokrasi di Kabupaten Magelang diikuti oleh enam Bapaslon yakni Handoko-Eko Purnomo yang mendaftar melalui jalur perseorangan, Zaenal Arifin (anggota DPRD Kabupaten Magelang) dengan HM Zaenal Arifin SH MH (Wakil Bupati Magelang) dari PDIP, Rohadi Pratoto (Kepala Bappeda) yang berpasangan dengan Ahadi (Wakil Ketua DPRD) diusung PKB, Partai Golkar dan PKS.

Selanjutnya, Achmad Majidun (mantan Ketua KPU) dan Sad Priyo Putro (Wakil Ketua DPRD) yang didaftarkan oleh koalisi Partai Demokrat dengan tiga partai non parlemen yakni Hanura, PBB dan PPRN. Dua bapaslon lain adalah Susilo Spt (Ketua DPRD) yang berpasangan dengan Mujadin Putu Murja (Wakil Ketua DPRD) lewat koalisi PAN dan PPP. Terakhir adalah Muhammad Arwan - Haiban Hajid yang diusung koalisi Partai Gerindra dan PKNU.


(rsa)

views: 1.027x
shadow