FPI Jatim: Pelaku bentrokan di Lamongan bukan FPI

Senin, 12 Agustus 2013 - 16:02 WIB
FPI Jatim: Pelaku bentrokan di Lamongan bukan FPI
FPI Jatim: Pelaku bentrokan di Lamongan bukan FPI
A A A
Sindonews.com - Ketua Front Pembela Islam (FPI) Jawa Timur, Habib Haidar Al-Hamid, menyatakan pelaku bentrok di Lamongan bukan anggota FPI.

Pasalnya, Ormas FPI dikatakannya sudah tidak ada di Kabupaten Lamongan. Menurutnya, ormas FPI tersebut telah dibekukan sebelum tahun 2010.

"FPI Lamongan sudah tidak ada sebelum tahun 2010. Ketika saya menjabat FPI Lamongan sudah dibekukan. Yang jelas, pelaku bentrok bukan FPI, wong organisasinya tidak ada," kata Haidar saat dihubungi, Senin (12/8/2013).

Kata Haidar, FPI Lamongan memang dibekukan sebelum Habib Haidar Al-Hamid menjabat sebagai Ketua FPI Jawa Timur. Bahkan, ketika pelantikkan pengurus FPI se-Jawa Timur, di Balai Pemuda, Surabaya, tidak ada kepengurusan FPI Lamongan.

"Sudah saya pastikan FPI Lamongan tidak ada dan sudah dibekukan sejak awal. Jadi jika ada pelaku penyerangan yang mengatasnamakan FPI tidak benar," tepisnya.

Atas tudingaan yang menyudutkan FPI, katanya, pihaknya tidak akan menggubris. Bahkan, Haidar mengaku, akan menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum yang berjalan.

"Masyarakat sudah tahu. Tapi kami akan melakukan pembelaan bahwa tidak benar yang melakukan penyerangan itu adalah FPI," tambahnya.

Sementara alasan FPI Lamongan dibekukan lantaran tidak sejalan dengan alur perjuangan FPI Pusat. Bahkan, FPI Lamongan secara terang-terangan menuding Habib Rizieq (Ketua FPI Pusat) adalah Toghut.

"Mereka menuding Habib Rizieq adalah Toghut. Makanya mereka dibekukan karena tidak segaris. Dan saat ini tidak ada FPI Lamongan," tandasnya lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, bentrok antar warga dan anggota ormas Front Pembela Islam (FPI) di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dini hari tadi dipicu persoalan sepele pada malam takbiran lalu.

Hingga saat ini, pihak kepolisian langsung melakukan pemeriksaan 42 anggota FPI dan bersama 50 senjata tajam berbagai jenis. Dari 42 orang tersebut, terdapat Zainal Anshor yang dikatakan merupakan Ketua FPI Lamongan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3318 seconds (0.1#10.140)