JSI: Pilkada Polman berpeluang satu putaran

Rabu, 31 Juli 2013 - 02:04 WIB
JSI: Pilkada Polman berpeluang satu putaran
JSI: Pilkada Polman berpeluang satu putaran
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) yang akan digelar pada 8 Oktober 2013 mendatang dinyatakan berpeluang besar akan berlangsung satu putaran.

“Kalau dilihat hasil survei sekarang ini, Pilkada Polman akan berlangsung satu putaran,” kata Direktur Pemenangan dan Strategi Jaringan Suara Indonesia (JSI), Popon Lingga Geni, kepada SINDO, Selasa, (30/7/2013).

Prediksi tersebut didasarkan pada hasil survei yang dilakukan JSI terhadap 440 responden yang dilakukan pada 18-22 Juli, dengan margin error 4,8 persen.

Popon menyebutkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukannya, bakal calon bupati Polman Andi Ibrahim Masdar bersama M Natsir Rahmat (AIM Benar) merupakan kandidat terkuat diantara delapan bakal calon lainnya dan akan memenangi persaingan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Hasil survei elektabilitas pasangan AIM Benar saat ini di atas 50 persen. Menungguli delapan bakal calon lainnya yang akan bersaing di Pilkada Polman,” kata Popon.

Popon menjelaskan, kalau pun elektabilitas AIM Benar mengalami penurunan, ia meyakini tidak akan terlalu jauh. Meski kompetitor telah bekerja terus untuk meningkatkan elektabilitasnya, namun AIM Benar juga tidak akan tinggal diam.

Ibaratnya, jika saat ini AIM memiliki kecepatan 200 kilometer per jam dan berada pada urutan paling depan, tiba-tiba ada kompetitor yang melambung, pasti AIM Benar juga akan menambah kekuatan untuk mempercepat langkahnya.

“Jadi, kalau ada perubahan, tidak akan terlalu jauh. Karena dengan hasil survei sekarang, AIM Benar tidak akan diam untuk terus menambah elektabilitasnya,” kata Popon, yang juga pendamping pemenangan AIM Benar.

Sementara itu, berdasarkan bocoran dari Partai Golkar Polman terhadap hasil survei elektabilitas pasangan bakal calon bupati menyebutkan, bahwa Andi Ibrahim Masdar bersama M Natsir Rahmat yang diusung bersama 11 partai koalisi berada pada urutan pertama yakni 57,9 persen. Disusul pasangan Nadjamuddin Ibrahim – Erfan Kamil (Naib-Ka) 14,6 persen, urutan ketiga Muh Asri Anas – Chuduriah Sahabuddin (MAA-CS) 8,4 persen, urutan keempat pasangan Mujirin M Yamin – Hasan Bado (MMY-HB) 6,8 persen, dan urutan kelima Munarfa Atjo – Andi Bebas Manggasali (Mabes) 3,0 persen.

Diurutan keenam adalah pasangan Naharuddin – Abdi Manaf (Nahar MengABDI) meraih 1,4 persen, Andi Padly – Rahman Rasyak 1,1 persen, pasangan Himan Katohidar – Nadjib Abdullah Majid (Hikman – Naam) 1,1 persen, dan urutan terakhir pasangan Suardi – Syaharuddin Haruna 0,0 persen.

Sementara, yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab atau belum memutuskan 5,7 persen.

Sekretaris DPD Partai Golkar Abu Bakar Kadir, yang dikonfirmasi membenarkan hasil survei tersebut. Bahkan, dengan hasil survei itu, ia tetap optimis kandidat jagoannya AIM Benar akan memenangkan Pilkada Polman satu putaran.

“Kami optimis, Pilkada akan berlangsung satu putaran,” singkatnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)