Pilkada

Polisi Garut tak diberi anggaran pengamanan pilkada

Selasa,  30 Juli 2013  −  01:23 WIB
Polisi Garut tak diberi anggaran pengamanan pilkada
Ilustrasi (Dok SINDOphoto)

Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut tidak memberikan anggaran pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebesar Rp5 miliar untuk kepolisian.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Garut Kompol Rudi Trihandoyo mengatakan, pihaknya tetap akan mengawal seluruh proses Pilkada Garut meski tidak diberi anggaran oleh pemkab.

"Mulai dari tahapan awal pada Februari 2013 lalu sampai tahapan pelaksanaan di Agustus 2013 mendatang, kami tidak didukung anggaran dari Pemda Garut sepeser pun. Namun, seluruh personel Polres Garut akan mengawal seluruh proses Pemilukada Garut 2013 meski tanpa ditunjang anggaran dari Pemkab Garut," kata Rudi di Mapolres Garut, Senin (29/7/2013).

Menurut Rudi, potensi ricuh atau konflik sangat besar terjadi pada beberapa proses pilkada. Potensi paling tinggi adalah pada masa kampanye, hari pemungutan suara, dan beberapa tahapan setelahnya hingga pelantikan Bupati serta Wakil Bupati Garut terpilih.

"Tadinya Rp5 miliar itu akan digunakan untuk biaya pengamanan, uang saku personel, konsumsi, operasi dan logistik," sebutnya.

Rudi sendiri mengaku sangat prihatin dengan tidak adanya anggaran pengamanan untuk kepolisian dari pemerintah daerah. Sebab bila dibandingkan dengan sejumlah pilkada di daerah lain, pihak kepolisian mendapat anggaran sebesar Rp5 miliar untuk pengamanan.

"Sama halnya ketika di Pilkada Gubernur Jawa Barat 2013 beberapa waktu lalu, kami mendapatkan anggaran serupa untuk pengamanan. Yang saya khawatirkan, moral anggota bisa terganggu yang sangat berefek pada keamanan. Mereka bergerak di lapangan 24 jam sehari tanpa ada motivasi," ungkapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Garut Asep Suparman mengatakan, Pemkab Garut akan segera menggelar rapat koordinasi untuk membahas anggaran pengamanan Pilkada Garut 2013.


Selanjutnya...

views: 970x
Halaman 1 dari 3
Bagikan artikel ini :
shadow