Jawa Barat & Banten

Kapal imigran pencari suaka tenggelam di Cianjur

Rabu,  24 Juli 2013  −  11:01 WIB
Kapal imigran pencari suaka tenggelam di Cianjur
Ilustrasi (Dok SINDOphoto)

Sindonews.com - Kapal pengangkut ratusan imigran gelap tenggelam di Perairan Selatan Kabupaten Cianjur, Selasa (23/7) malam. Sedikitnya, ada empat imigran yang tewas tenggelam dalam insiden tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ratusan imigran tersebut merupakan imigran yang berasal dari negara Srilanka dan Iran.

Para imigran tersebut, berniat menyebrang ke Australia dari Garut dan singgah ke Pantai Jayanti, Cianjur, untuk menjemput imigran lainnya.

"Mereka yang meninggal rata-rata anak kecil. Mereka sekarang di tempatkan di beberapa titik, seperti di Balai Desa Cikamurang, Kecamatan Cidaun. Di sana ada 38 imigran. Selain itu ada pula yang ditempatkan di Puskesmas Jayanti, dan balai sebaguna Jayanti, disana ada 122 orang," jelas seorang warga sekitar pantai Jayanti, Irta Tata kepada Sindonews, (24/7/2013).

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Polres Cianjur, AKP Ahmad Surpiyatna, menyatakan hingga kini petugas gabungan masih berupaya menyisir keberadaan imigran yang diduga masih banyak yang mengapung di laut.

"Mereka diduga mencari suaka dengan tujuan Christmas Island di Australia. Mereka antara lain berasal dari Sri Lanka, Iran dan Bahrain," jelasnya.


(rsa)

views: 1.049x
shadow