Sumatera

Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta dipicu pemadaman listrik

Jum'at,  12 Juli 2013  −  13:01 WIB
Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta dipicu pemadaman listrik
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto menuturkan, penyebab kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan, pada Kamis 11 Juli 2013 malam, adalah akibat dari pemadaman listrik.

"Kronologisnya, Kamis kemarin ada pemadaman arus listrik di wilayah LP Tanjung Gusta. Tidak hanya di LP, tapi di daerah sekitar Tanjung Gusta pun padam listriknya," ujar Djoko, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2013).

Dia menjelaskan, pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta sudah melakukan sejumlah upaya dengan menyalakan listrik menggunakan generator (Genset) milik lapas. Akan tetapi, laporan yang diterimanya dari Wamenkum HAM Denny Indrayana, bahwa kapasitas genset memang tidak bisa memenuhi untuk keseluruhan lapas.

"Oleh karena itu, waktu dinyalakan mulai pagi hingga jam satu, kemudian dimatikan kembali sore kemarin, dinyalakan lagi. Memang, tidak bisa memenuhi seluruh kapasitas listrik yang ada di LP," jelasnya.

Lantaran listrik padam, tambah dia, pompa air di dalam lapas itu pun tidak bisa digunakan oleh para narapidana atau warga binaan. "Sehingga persediaan air kurang. Inilah yang menyebabkan para napi, warga binaan marah, dan melakukan tindakan pengrusakan dan pembakaran," pungkasnya.


(san)

views: 845x
shadow