Dukungan PAN di Pilkada Polman pecah

Selasa, 02 Juli 2013 - 14:57 WIB
Dukungan PAN di Pilkada Polman pecah
Dukungan PAN di Pilkada Polman pecah
A A A
Sindonews.com - Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilkada Polewali Mandar (Polman) pecah. Rekomendasi DPD Polman dan DPP PAN dinilai DPW PAN belum representatif.

Ketua DPW PAN Sulbar Abd Jawas Gani mengungkapkan, ada AD/ART partai yang mengatur setiap dukungan terhadap calon kepala daerah kabupaten/kota.

Karena itu, dukungan PAN terhadap pasangan Asri Anas-Chuduriah Sahabuddin belum final.

"Sampai sekarang DPW PAN tidak mengetahui bahwa pasangan Asri Anas-Chuduriah Sahabuddin mendapat dukungan resmi dari PAN. Saya juga tidak yakin kalau DPP sudah memberikan rekomendasi ke Asri. Karena saya belum lihat wujudnya dan belum ada pemberitahuan dari Jakarta," katanya, Selasa (2/5/2013).

Kalau pun toh ada, kata Jawas, pihaknya akan mempermasalahkan prosedurnya yang dinilai tidak sesuai dengan AD/ART partai.

Dalam pasal 71 ayat 3 disebutkan antara lain bahwa penentuan balon kepala daerah ditetapkan dalam Surat Keputusan DPW. Artinya, bukan keputusan DPP apalagi DPD.

Ditegaskan, hingga saat ini DPW PAN Sulbar belum menentukan sikap terhadap Pilkada Polman. Kalaupun sudah diputuskan, semua kader PAN tidak boleh membangkang. Karena ada sanksi partai.

"Dalam waktu dekat akan kami umumkan," katanya.

Asri yang dihubungi melalui telepon mengatakan bahwa kondisi ini tidak lebih dari masalah internal PAN. Dia tidak akan mencampuri lebih dalam. Diakui, hasil survei internal PAN menyebutkan bahwa elektabilitas Asri Anas mampu menyaingi Balon Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar.

Disebutkan, rekomendasi DPP PAN ditandatangani langsung oleh Katua Umum PAN Hatta Rajasa dan Sekjen DPP PAN Taufiq Kurniawan. Ditambah dengan rekomendasi dari DPD PAN, sudah cukup untuk mendaftar ke KPU Polman.

"Saya resmi mendaftar ke DPD PAN Polman dan memenuhi seluruh persyaratan. Kalau ada respon dari DPW PAN, itu masalah internal parpol. Yang pasti, saya sudah mendapat dukungan dari DPD dan DPP PAN. Selain itu, ada juga surat dukungan DPP PAN yang ditandatangani oleh Korwil PAN Sulbar, Hendra Singkarru," tutur anggota DPD RI dan pengurus DPP Partai Demokrat ini.

Hendra yang juga dihubungi melalui telepon menyatakan 100 persen dukungannya kepada pasangan Asri Anas-Chuduriah Sahabuddin dalam
Pilkada Polman 2013.

Ditegaskan, dukungan partai pada pasangan tersebut sudah final.

"Dukungan itu sudah final dan saya akan all out untuk pasangan Asri Anas-Chuduriah Sahabuddin," katanya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5995 seconds (0.1#10.140)