Jawa Timur

Jalan "maut" di Pantura, sepekan 4 truk terguling

Kamis,  20 Juni 2013  −  17:41 WIB
Jalan maut di Pantura, sepekan 4 truk terguling
Jalur di Pantura ini rawan truk terguling. (Arie Yoenianto/Koran Sindo)

Sindonews.com - Jalan berlubang disepanjang jalur Pantura tepatnya di Kelurahan Blandongan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan mulai menelan korban. Dalam sepekan terakhir, sebanyak empat truk sarat muatan terguling di jalan berlumpur ini.

Seperti dialami truk muatan besi tua yang terguling ditengah jalan bak kolam ikan tersebut. Meski berjalan pelan, truk Nopol DK 9574 UG yang dikemudikan Wayan (30) warga Singaraja, Bali, tak mampu dikendalikan ketika ketika melintas dan bergoyang-goyang dijalan bergelombang tersebut.

"Kondisi truk cukup baik. Saya sudah berusaha memilih jalan yang layak dilalui, tapi justru terjebak di kubangan air yang dalam. Sehingga truk menjadi oleng dan terguling," kata Wayan di lokasi, Kamis (20/6/2013).

Kecelakaan serupa juga dialami tiga pengemudi truk lainnya, dalam kurun waktu seminggu terakhir. Menurut warga setempat, kondisi jalan rusak yang terjadi sejak awal tahun 2013 lalu sudah menelan puluhan korban.
Ironisnya, jalur yang menghubungkan Probolinggo-Surabaya tersebut hingga kini belum pernah dilakukan perbaikan.

Kanit Lantas Polsek Bugul Kidul, AKP Mariyanto, mengungkapkan, kondisi jalan Pantura ini sebenarnya sudah tidak layak untuk dilalui kendaraan. Apalagi jika turun hujan jalan-jalan berlubang ini sudah tidak nampak karena tergenang air.

Menurutnya, petugas tidak mau mengambil resiko dengan membiarkan terjadinya kecelakaan susulan dikemudian hari. Petugas terpaksa mengalihkan arus melalui jalur dalam kota, khususnya pada malam hari.

"Pada malam hari, kondisi yang gelap justru berpotensi menimbulkan kecelakaan baru. Kami terpaksa mengalihkan arus melalui jalan tengah kota," kata Kanit Lantas AKP Mariyanto.


(ysw)

views: 1.620x
shadow