Jawa Timur

Tiga mobil Bung Karno telah ditemukan

Kamis,  20 Juni 2013  −  06:00 WIB
Tiga mobil Bung Karno telah ditemukan
Salah satu mobil Bung Karno. (Foto: Solichan Arief/Koran Sindo)

Sindonews.com - Tiga unit mobil sedan yang pernah dipakai Bung Karno (BK) selama menjabat sebagai Presiden RI telah ditemukan. Satu diantaranya roda empat Chevrolet Impala dengan pelat nomor Indonesia Satu.

Hanya saja mobil produksi Paman Sam berkapasitas 8 silinder dan 6.000 cc yang rencananya akan ditarik ke Istana Gebang, Kota Blitar itu, ditawarkan Rp1 miliar.

"Mobil itu sekarang milik warga Bandung Jawa Barat. Pak Samanhudi (Wali Kota Blitar) sudah memperlihatkan fotonya ke saya. Dan benar itu Impala. Hanya saja harga tawarnya Rp1 Miliar," tutur Mardiyono (63), juru bicara Istana Gebang, Kota Blitar kepada Sindo, Rabu (19/6).

Mengingat rumah masa kecil BK memang sejak awal direncanakan menjadi museum Bung Karno, Wali Kota Blitar, kata Mardiyono bertekad membawa mobil Indonesia Satu itu kembali ke bumi proklamator. Karenanya, berapapun harganya, roda empat yang sarat sejarah itu akan berusaha didapat.

"Pak Wali Kota akan berusaha melengkapi koleksi benda sejarah yang terkait Bung Karno," terangnya.

Seperti diketahui, saat ini di Istana Gebang terdapat  sedan Mercedes Benz tipe 190. Kendaraan Jerman yang menjadi kendaraan BK saat kunjungan ke Malang dan melakukan jalan darat ke Blitar pada tahun 1961 itu juga bernopol Indonesia Satu.

"Yang mobil dua lainya saya kurang tahu. Tapi yang pasti sedan. Sebab Pak Samanhudi hanya memperlihatkan yang jenis Impala," terang Mardiyanto.

Mardiyanto yang dibesarkan dari keluarga PNI dan pernah bertatap muka langsung dengan BK pada tahun 1956 di Blitar, cukup menyimpan pengetahuan tentang seluk beluk kendaraan yang pernah dipakai BK.

Selain Chevrolet Impala dan Mercy 190, BK juga pernah menggunakan kendaraan Mercy jenis Bell Air yang juga bernopol Indonesia Satu. Kemudian juga mobil Ford jenis De Soto.

"De Soto ini digunakan untuk menjemput BK sepulang dari Bangka. BK mengendarai dari Kemayoran menuju Istana Negara, "jelasnya.

Selain itu juga mobil Ford Buick-8 tipe limited produksi tahun 1939 yang berkapasitas mesin 5247 cc. Buick-8 ini merupakan pemberian pemuda Menteng 31 dan digunakan sebagai kendaraan operasional BK pada saat proklamasi kemerdekaan.

"Selain itu juga ada Jeep Willys Amerika yang digunakan BK saat di Jogjakarta. Kemudian Opel Capitan warna kopi susu yang dipakai sekitar tahun 1950an. Pada tahun 2005 saya pernah melihat Opel ini dipakai Sri Sukarno, warga Blitar yang menjadi orang dekat Bu Wardoyo (kakak kandung BK)," paparnya.

Kepala UPTD PIPP Pemerintah Kota Blitar Heru Santoso yang ditemui di Istana Gebang membenarkan jika Wali Kota memang berhasil menemukan mobil yang pernah dipakai BK. Menurutnya tidak hanya mobil, semua benda bersejarah yang terkait BK akan diusahakan menjadi koleksi museum BK.

"Selain mobil juga ada tongkat komando BK yang rencananya juga akan diusahakan menjadi barang koleksi Istana Gebang. Kita berharap dan sangat berterima kasih jika pihak yang memiliki bisa menghibahkanya," ujarnya.

Sementara itu, seiring bulan Bung Karno yang jatuh setiap Bulan Juni, kunjungan wisatawan ke Istana Gebang meningkat pesat. Jika hari biasa sekitar 300-400 orang per hari, kini kunjungan bisa mencapai 700-1.000 orang per hari.

"Besok pada 21 Juni kita akan memperingati Haul BK dengan doa bersama di Istana Gebang. Kemudian rencananya juga ada perayaan seribu tumpeng," terangnya.

Pada peringatan Bulan Bung Karno tahun 2013 ini, di Istana Gebang juga menyediakan sovenir Compact Disk (CD) yang berisi visual pidato BK yang berdurasi 30 menit. Sejak 1 Juni, CD yang perkepingnya seharga Rp30 ribu itu telah terjual ratusan keping.

"Dan pidato BK itu akan terus diputar selama peringatan bulan Bung Karno ini," pungkasnya.


(rsa)

views: 7.965x
shadow