Kalimantan & Sulawesi

Dana pendidikan gratis Tana Toraja 'nyangkut' di Pemprov

Rabu,  12 Juni 2013  −  15:17 WIB
Dana pendidikan gratis Tana Toraja nyangkut di Pemprov
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Siswa miskin di Kabupaten Tana Toraja dipusingkan dengan dana pendidikan gratis 2013 yang tak kunjung cair. Padahal biasanya, dana cair pertriwulan. Dinas Pendidikan Kabupaten tana Toraja mengaku dana tersebut belum turun karena dana sharing dari Pemprov Sulsel belum cair.

“Memang ada keterlambatan pembayaran dana pendidikan gratis ke masing-masing sekolah sasaran program pendidikan gratis," ujar pengelolah program pendidikan gratis dinas pendidikan kabupaten Tana Toraja, Tato Alik ditemui SINDO di Makale, Rabu (12/6/2013).

Menurutnya, pembayaran dana pendidikan gratis tinggal menunggu dana sharing dari Pemprov Sulsel masuk ke rekening daerah. Sementara dana sharing 60 persen yang menjadi tanggungan pemkab Tana Toraja sudah ada.

Jika dana sharing dari Pemprov Sulsel sudah masuk, dana pendidikan gratis akan langsung disalurkan ke rekening masing-masing sekolah sasaran.

“Dana pendidikan gratis ini sharing dengan pemprov. Kalau dari pemkab Tana Toraja dananya sudah ada, tinggal menunggu dana sharing dari Pemprov yang hingga kini belum diterima,” ujarnya.

Jumlah SD dan SMP di kabupaten Tana Toraja sasaran program pendidikan gratis sebanyak 305 sekolah. Dengan rincian, 228 SD dengan jumlah siswa sebanyak 37.677 orang dan SMP 76 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 15.340 siswa.


(ysw)

views: 1.328x
shadow