Jawa Barat

XTC: Kami bukan geng motor, tapi klub motor

Selasa,  14 Mei 2013  −  12:23 WIB
XTC: Kami bukan geng motor, tapi klub motor
XTC (Twitter)

Sindonews.com - Kelompok Exal To Creativity (XTC) menolak jika mereka disebutkan sebagai geng motor. Mereka secara tegas mengklaim kelompok mereka sebagai klub motor yang secara resmi terdaftar dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat (Jabar) sejak 1986.

"Kami klub motor, bukan geng motor. Kami organisasi atau komunitas pecinta otomotif," kata dedengkot XTC Ahmad Ridwan, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/5/2013).

Selama ini, menurutnya anggota XTC aktif dalam berbagai kejuaraan road race. Sehingga ia menolak stigma yang menganggap XTC sebagai geng motor.

Tapi diakuinya, banyak pihak yang mencatut nama XTC saat melakukan perbuatan kriminal. Dampaknya istilah geng motor melekat pada XTC.

Sebagai organisasi, XTC punya aturan yang tercantum dalam AD/ART. Di sana diatur dengan tegas anggota XTC tidak boleh melakukan perbuatan melanggar hukum.

"Sanksinya jelas bagi yang melanggar hukum, kita coret dari organisasi XTC dan keanggotaan di IMI Jabar," ujar Ahmad.

Soal pelaku kriminal yang kadang membawa atribut XTC, Ahmad mengaku sulit mencegahnya. "Jangankan atribut klub motor, atribut TNI atau Polri saja banyak dipalsukan. Kita sulit mencegahnya," ucapnya.

Sementara untuk memupus stigma geng motor, XTC kini melakukan pemutihan anggota. Sejak awal tahun ini, XTC melakukan pendataan ulang, termasuk penertiban atribut. "Jadi untuk jumlah anggota, kita sendiri tidak tahu persis karena masih dilakukan pendataan," ungkap Ahmad.

Yang jelas, anggota XTC tersebar di Indonesia dan ada kepengurusan di sejumlah wilayah. Di luar anggota resmi, sejak beberapa tahun terakhir banyak yang mengaku sebagai anggota XTC.

XTC yang merupakan kepanjangan dari Exal to Coitus sendiri dibentuk di Bandung pada 31 Desember 1982. Tapi singkatan XTC berubah beberapa tahun kemudian menjadil Exal To Creativity dan ada embel-embel Sexy Road Indonesia di belakangnya. Pada 2010, XTC secara sah menjadi ormas dan terdaftar secara hukum.


(rsa)

views: 2.665x
Bagikan artikel ini :
shadow