Jawa Tengah & DIY

12 Kapolres di Polda Jateng dimutasi

Senin,  10 Juni 2013  −  19:25 WIB
12 Kapolres di Polda Jateng dimutasi
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Sebanyak 12 Kapolres di Polda Jawa Tengah dimutasi. Pergantian itu dilakukan resmi dengan upacara serah terima jabatan di Mapolda Jawa Tengah, Senin (10/6/2013). Selain Kapolres, ada empat pejabat utama di Polda Jateng yang diganti.

12 Kapolres itu masing – masing; Pati, Jepara, Purworejo, Kudus, Brebes, Purbalingga, Sragen, Pekalongan Kota, Wonosobo, Magelang, Demak dan Tegal. Pergantian ini sesuai dengan telegram Kapolri, Jenderal Polisi Timur Pradopo. 

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Poliri Didiek Sutomo Triwidodo mengatakan serah terima jabatan (Sertijab) pejabat utama akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Untuk pejabat utama, menunggu Kapolda yang baru. Untuk sertijab Kapolda, rencana digelar Rabu (12/6) nanti di Mabes Polri,” ungkapnya di Mapolda Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Didiek juga dimutasikan dan menempati jabatan baru sebagai Wakabaintelkam  Mabes Polri. Posisinya digantikan Inspektur Jenderal Polisi Dwi Priyatno yang sebelumnya staf ahli sosial politik Kapolri. Terkait mutasi Kapolres dan pejabat utama ini, Didiek mengatakan itu merupakan sesuatu yang wajar di kepolisian.

“Agar tidak monoton dan dinamis. Secara personel, mutasi seperti ini juga untuk menambah wawasan dan pengembangan karir. Kapolres memiliki fungsi strategis, yaitu Komdan Satuan Operasional Dasar dan Kesatuan Lengkap Polri,” tambahnya.

Kepada Kapolres baru, Didiek berpesan agar tidak lengah dan waspada. Hal ini, salah satunya mengingat bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba. Ini merupakan momentum penting yang harus dijaga keamanan dan ketertibannya.

“Jangan sampai didahului laskar yang tidak benar. Sweeping tempat hiburan, lokalisasi. Jangan sampai kalian (Kapolres) didahului. Pengamanan Idul Fitri juga harus dipersiapkan dengan baik, termasuk arus mudik dan balik. Selama bumi berputar, polisi tidak ada istirahatnya,” tegasnya.

Pada momentum itu, Didiek juga mohon pamit sekaligus memohon maaf jika selama tugasnya terdapat sejumlah kesalahan. Termasuk untuk beberapa perwira yang sempat dicopot jabatan.

Beberapa pejabat yang dimutasi itu di antarnya; Direktur Sabhara Kombes Pol Khamdani menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Sabhara Baharkam Polri. Penggantinya Kombes Pol Hariyanto, sebelumnya Kapusdik Min Lemdikpol.

Kepala Biro SDM Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Supriyanto diangkat menjadi Kabagren Rojianstra SSDM Polri. Digantikan Kombes Pol Hotman Simatupang yang sebelumnya menjabat Karo SDM Polda Riau.

Kabid Propam Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Aleks Alim Rewos diangkat menjadi Kabaggakkum Roprovos Div Propam Polri. Penggantinya adalah Kombes Pol Hendra Supriatna yang sebelumnya menjabat Pemeriksa Utama Roprovos Div Propam Polri.

Irwasda Polda Jateng, Kombes Pol Winarno diangkat menjadi Wakapolda Lampung. Penggantinya Kombes Pol Tri Maryanto yang sebelumnya menjabat Kapolrestabes Surabaya.

AKBP Andik Setiyono sebelumnya Kapolres Kudus dimutasi menjadi perwira menengah (pamen) Polda Jawa Tengah, digantikan AKBP Bambang Murdoko yang sebelumnya pamen Polda Jawa Tengah.

Kapolres Pati, AKBP Bernard Sibarani diangkat menjadi Kasubbagnevbinkar Baganev Rojianstra SSDM Polri. Ia digantikan AKBP Bakharuddin Muhammad Syah yang sebelumnya menjabat Kapolres Jepara.

Kapolres Purworejo, AKBP Muhammad Taslim Chairuddin diangkat menjadi Kapolres Jepara. Penggantinya di Purworejo adalah AKBP Roma Hutajulu, yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Direktorat II Ekonomi Khusus, Perbankan dan Money Laundering Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah.

AKBP Kif Aminanto Kapolres Brebes diangkat menjadi Kasubbagnevdalpro Baganev Rojianstra SSDM Polri. Penggantinya adalah AKBP Ferdy Sambo, yang sebelumnya menjabat Kapolres Purbalingga.

AKBP I Ketut Suwitra yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Direktorat I Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng, menjadi Kapolres Purbalingga.

Kapolres Magelang, AKBP Guritno Wibowo diangkat menjadi Wakapolresta Surakarta. Penggantinya adalah AKBP Murbani Budi Pitono yang sebelumnya Kasubbagmutjabpamenti Bagmutjab Robinkar SSDM Polri.

Kapolres Wonosobo, AKBP Adi Wibowo diangkat menjadi Kabagdalpers Rosdm Polda Jateng. Posisinya digantikan AKBP Agus Pujianto yang sebelumnya Kaden Gegana Sat Brimob Polda Jateng. Kapolres Demak, AKBP Sigit Widodo menjadi Wakapolres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya.


(rsa)

views: 7.839x
shadow