Pilkada

Survei IRC: Pilwalkot Bandung berlangsung dua putaran

Senin,  10 Juni 2013  −  15:51 WIB
Survei IRC: Pilwalkot Bandung berlangsung dua putaran
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Lembaga Survei Indonesia Research Center (IRC) merilis hasil survei terbarunya di Pilwalkot Bandung 2013. Survei itu dilakukan oleh tim sejak 25 hingga 30 Mei lalu.

Peneliti IRC, Agus Sudibyo mengatakan, dari hasil survei tersebut pihaknya memprediksi Pilwalkot yang diikuti oleh delapan pasangan ini akan berlangsung selama dua putaran.

“Hal itu karena tidak ada satu pun calon yang meraih hasil di atas 30 persen. Bahkan kandidat yang paling banyak dipilih yakni Ridwan Kamil-Oded M Danial (Rido) hanya medapat 23,8 persen,” terangnya kepada wartawan di salah satu café di kawasan Dago, Senin (10/6/2013).

Dalam survei itu, posisi kedua ditempati oleh pasangan Ayi Vivananda-Nani Suryani ‘Rosada’ dengan raihan 20,6 persen. Pasangan Edi Siswadi-Erwan Setiawan (Eswan) peringkat tiga dengan memperoleh 13 persen. Dan keempat, pasangan MQ Iswara-Asep Dedy Ruyadi (Ide) dengan 3,4 persen.

Sedangkan empat posisi terbawah ditempati oleh seluruh pasangan independen dengan urutan Budi Setiawan-Rizal Firdaus (3 persen), Bambang Setiadi-Alex Tahsin (1,6 persen), Wahyudin Karnadinata-Tonni Apriliani (0,4 persen), dan Wawan Dewanta-M Sayogo (0,4 persen).

“Pasangan Rido banyak dipilih karena dianggap mampu menyelesai permasalahan di Kota Bandung dengan persentase 23,2 persen. Sedangkan pasangan Ayi-Nani hanya dipercaya 14,4 persen saja,” jelasnya.

Menurutnya, meski Ridwan dianggap belum berpengalaman dalam berbirokrasi namun 20 persen responden menganggap dirinya bisa mengatasi permasalahan seperti banjir, sampah, drainase, kesenian, dan kebudayaan.

Dalam survei itu, IRC melibatkan 500 responden dengan metode penarikan sampel secara acak bertingkat, dengan margin error 4,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


(rsa)

views: 2.027x
shadow