Sumatera

2013, Muba buka 1.750 hektare lahan transmigrasi

Jum'at,  7 Juni 2013  −  21:06 WIB
2013, Muba buka 1.750 hektare lahan transmigrasi
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com – Tahun 2013, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) menyiapkan lokasi untuk pemukiman transmigrasi baru seluas 1.750 hektare, yang terletak di Desa Jud Idan Desa Ganti Kecamatan Sangadesa. Lahan yang disediakan tersebut, akan ditempati sekira 450 KK Transmigrasi Penduduk Asing (TPA) dan Transmigrasi Penduduk Setempat (TPS).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muba, H Yusman Srianto menuturkan sudah ada 245 Kabupaten/Kota di Pulau Jaya yang ingin jadi peserta transmigrasi di lahan tersebut. Namun pihaknya tergantung dari pemerintah pusat. 

Untuk TPS, kata Yusman, nantinya akan ada proses pendaftaran dan seleksi karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi warga. Seperti, WNI, KTP, umur 18 tahun sampai 50 tahun, berkeluarga. Kecuali lajang yang memiliki keterampilan khusus dan dilengkapi administrasi kependudukan, status duda atau janda.

”Lalu SK domisili, berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan dokter, sukarela mendaftar dan memiliki keahlian,” ungkap Yusman di kantornya, Jumat (7/6/2013)

Untuk warga transmigran, lanjutnya,  akan diberikan pemerintah daerah lahan pekarangan seluas seperempat hektare, lahan usaha I tiga perempat hektare dan lahan usaha II satu hektare. “Jadi tiap-tiap warga transmigran mendapatkan tanah seluas dua hektare. Dalam satu tahun akan diberikan jaminan hidup dari Pemkab Muba,” tegasnya.

Adapun jaminan hidup yang diberikan, berupa bantuan bibit sawit, berobat dan pendidikan gratis, serta dibangunkan jalan setapak di lahan transmigrasi tersebut.

“Atas jaminan hidup inilah, Pemkab Muba meraih penghargaan Muba Peduli Tranmigrasi Award 2012. Inilah, yang melatarbelakangi Muba menjadi favorit tujuan transmigrasi,” ungkapnya.


(ysw)

views: 3.949x
shadow