Pilkada Lahat, pakaian adat hiasi TPS

Kamis, 06 Juni 2013 - 18:24 WIB
Pilkada Lahat, pakaian adat hiasi TPS
Pilkada Lahat, pakaian adat hiasi TPS
A A A
Sindonews.com - Pesta demokrasi benar benar dirasakan masyarakat Lahat. Seperti yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) TPS 08, Kelurahan Gunung Gajah, menggunakan pakaian adat khas Palembang saat kegiatan pencoblosan.

Salah seorang anggota KPPS, Sunardi, menggunakan pakaian adat itu sengaja tampil beda dengan TPS lainnya di Kabupaten Lahat. Ia mengatakan, dengan penampilan memakai pakian adat khas daerah Palembang itu, tentunya mencirikan khas masyarakat Indonesia.

"Terlebih momen Pilkada ini dilakukan tiap lima tahun sekali," katanya, Kamis (6/6/2013).

Bahkan, tidak hanya pakian adat yang dikenakan oleh pihak panitia, melainkan, kita juga memberikan snack bagi warga dalam menunggu giliran untuk mencoblos.

“Bahkan untuk kedepannya, akan kita lakukan dobrakan-dobrakan lagi. Kalu tahun ini panitia memakai pakian adat dalam Pilkada dan Pilgub, untuk berikutnya mungkin kita lakukan berbeda lagi. Karena moment seperti ini jarang sekali terjadi,” lanjut Sunardi.

Ia menambahkan, selain menjadi satu yang berbeda dengan TPS lainnya di Lahat, tentunya dengan memakai pakaian adat yang dikenakan pihak panitia saat Pilkada merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya khas Sumatera Selatan khsusnya Kabupaten Lahat.

Dengan memakai pakaian adat oleh pihak panitia TPS 08 Gunung Gajah, warga disekitarnya menyambut positif pilihan pakaian adat tersebut.

“Lebih rapi dan terkesan membudaya. Saya bangga akan hal itu,” ucap Cecep, salah satu warga.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6815 seconds (0.1#10.140)