Pilkada

Quick count Pilbup Jombang, pasangan Noah unggul

Rabu,  5 Juni 2013  −  18:38 WIB
Quick count Pilbup Jombang, pasangan Noah unggul
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Hasil perhitungan cepat Pemilukada Kabupaten Jombang menempatkan Pasangan Nyono Suharli-Munjidah Wahab (Noah) unggul telak.

Perhitungan cepat yang digelar oleh Pusat Pendidikan dan Hak Asasi Manusia (PusdeHAM) Unair menempatkan pasangan memperoleh suara sebesar 58,47 persen.

Otomatis pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, PPP, PKS, Partai Demokrat dan  Partai Gerindra ini mengalahkan pasangan Widjono-Sumrambah (WIRA) yang diusung oleh PDIP, Partai Hanura dan PKPB yang hanya mencapai 35,13 persen.

Sementara pasangan Munir Al-Fanani-Wiwik Nuriyati (Mukti) yang diusung oleh PKB dan PKPI hanya memperoleh suara 6,40 persen.

Direktur PusdeHAM Unair M Asfar mengatakan, metode yang digunakan dalam quick count  ini adalah multi stage random sampling. Metode ini, katanya, memang banyak digunakan oleh sejumlah lembaga survei.

"Biasanya hasil perhitungan cepat ini tidak jauh beda ketika dilakukan perhitungan manual oleh KPU," kata Asfar di Jombang, Rabu (5/6/2013).

Ia menjelaskan, metode yang digunakan dalam melakukan survei ini memiliki margin error 1 persen. Artinya, kata Asfar, hasil ini bisa berubah ketika selisih jarak antar calon ini tidak lebih dari 1 persen. Namun, di Pemilukada Jombang ini selisih antara pasangan Noah dan Wira cukup jauh. Meskipun nanti berubah tentu tidak signifikan.

"Kalau jarak perolehan kurang lebih satu persen bisa berbalik. Kali ini pasangan NOAH selisihnya di atas 20 persen," katanya. 

Dalam Survei yang digunakan oleh PusdeHAM Unair ini menyasar di 358 TPS yang tersebar di 306 Desa se-Kabupaten Jombang dengan tingkat kehadiran 77,19 persen. Pemilukada Jombang ini tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 998.463 pemilih. Kemudian jumlah TPS mencapai 2.144 TPS, dan total suara 109391 pemilih.

Sementara itu, Nyono Suharli mengaku senang dengan hasil perhitungan cepat tersebut. Meski demikian pihaknya tetap menyerahkan hasil perhitungan manual yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Jombang. Dari hasil perhitungan manual itu, Bupati dan Wakil  Bupati terpilih akan dilantik pada 24 September 2013. Dan untuk Pleno penetapan Bupati/wakil Bupati Terpilih pada 9-11 Juni 2013.


(rsa)

views: 3.918x
shadow