Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, Cek Jadwal dan Syaratnya

Senin, 18 April 2022 - 13:48 WIB
loading...
Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, Cek Jadwal dan Syaratnya
Foto/Ilustrasi/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk mengalihkan kepadatan pemudik arus lalu lintas kendaraan bermotor.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt Mugen Sartoto mengatakan, melalui mudik gratis ini diharapkan dapat mengalihkan kepadatan jalan dan membantu menurunkan angka kecelakaan sepeda motor pada masa mudik lebaran.

Selain itu, program ini sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut dan dapat menjadi alternatif moda transportasi saat akan melakukan perjalanan.

“Tahun ini mudik kembali diadakan namun diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk mengikuti program vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah agar dapat mengantisipasi penyebaran virus Covid-19,” tandasnya, Senin (18/4/2022).



Dia melanjutkan, pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis ini dibuka mulai hari ini, 18 April 2022 dan ditutup tanggal 24 April 2022. Pendaftaran melalui online yang dapat diakses melalui website: http://mudikgratis.dephub.go.id/.

“Sedangkan pendaftaran offline dan verifikasi data dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan kantor pusat Kementerian Perhubungan pada tanggal yang ditetapkan,” terang dia.

Ada dua armada kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang keduanya dioperasikan oleh PT Pelni. Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1, yakni kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan.

Adapun fasilitas di KM Dobonsolo meliputi sarana ibadah, salon makan, cafetaria, theatre / hiburan, sarana permainan, dilengkapi lifeboat /sekoci, rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas, dan asuransi pelaksanaan mudik motor gratis.

“Kapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut sekitar 1.250 Unit Motor dan 2.500 penumpang,” beber Capt Mugen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)