5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Mencapai 240 Kg Sehari

Minggu, 17 April 2022 - 08:30 WIB
loading...
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Mencapai 240 Kg Sehari
Dari tambang milik Freeport inilah emas terbanyak dihasilkan di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lima daerah penghasil emas terbesar di Indonesia tersebar di sejumlahlah wilayah. Hampir semuanya berada di luar Pulau Jawa .



Emas merupakan sumber daya alam mineral logam. Mengutip berbagai sumber, Minggu (17/4/2022), emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan, bahan penyepuh, membuat huruf emas, fotografi, hingga perkakas laboratorium ilmiah.

Diketahui, produksi emas di Indonesia diperkirakan mencapai 48 ton per tahun. Dengan demikian, Indonesia berada di posisi ke-3 di Asia sebagai negara penghasil emas.

Lantas, kota apa saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia?

1. Papua

Papua menjadi kota pertama penghasil emas terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika. Daerah tersebut juga merupakan penghasil tambang emas terbesar, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Setiap harinya PT Freeport Indonesia bisa menghasilkan 240 kilogram emas murni.



2. Sumbawa

Pulau Sumbawa tepatnya di penambangan Batu Hijau, NTB, merupakan kota penghasil emas terbesar di Indonesia setelah Papua. Di lokasi ini, telah berhasil ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaan emas di daerah tersebut banyak dilirik negara tetangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)