Kalimantan & Sulawesi

Buruh sandera 7 kendaraan & eksavator PT Poso Energi

Jum'at,  3 Mei 2013  −  21:32 WIB
Buruh sandera 7 kendaraan & eksavator PT Poso Energi
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Hingga Jumat (3/5/2013) sore, setidaknya sudah tujuh kendaraan milik PT Poso Energi atau PLTA Poso yang disandera oleh ratusan buruh yang berdemonstrasi.

Kendaraan-kendaraan yang disandera itu kemudian digunakan untuk memalang jalan utama di dalam perusahaan.

Pemalangan jalan itu menyebabkan kendaraan roda dua dan roda empat terkurung di dalam perusahaan. Jalan alternatif via Desa Sulewana juga tidak dapat dilalui karena terhalang batang pohon yang ditebang warga yang turut mendukung aksi buruh PLTA Poso.

Diketahui, dua kendaraan berat yang terdiri atas satu eksavator dan satu loader turut disabdera para buruh dan warga. Satu loader yang dikuasai buruh, digunakan untuk mengangkut ban-ban bekas ke sejumlah lokasi untuk kemudian dibakar oleh massa.

Pemalanganan jalan menggunakan kendaraan ini merupakan bagian dari aksi demonstrasi yang telah digelar sejak 1 Mei 2013 oleh sekira 250 buruh yang di PHK secara sepihak oleh pihak perusahaan dengan pesangon yang minim, yakni Rp2,5 juta untuk masa kerja 3-4 tahun.

Selama itu pula pihak perusahaan dinilai melanggar ketentuan menteri tenaga kerja dan transmigrasi dimana memperkejakan karyawan hingga bertahun-tahun dengan status karyawan harian.

Dalam orasinya, para buruh PLTA yang datang dari berbagai desa seperti Desa Sulewana, Desa Saojo, Sangira dan Desa Kuku itu menegaskan baru akan menghentikan aksi bila Direktur Utama PT Poso Energi bersedia bertemu dengan mereka.

Meskipun melumpuhkan aktivitas keluar masuk ke dalam perusahaan, namun sejauh ini aksi buruh itu tidak mempengaruhi kegiatan penyaluran energi listrik berkekuatan 3 megawatt untuk kebutuhan Kecamatan Pamona Utara hingga Kecamatan Lage.

PLTA Poso sendiri merupakan sebuah mega proyek yang diharapkan pada saat beroperasi penuh akan mampu mengatasi energi listrik untuk Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.



(rsa)

views: 1.729x
shadow