Kalimantan & Sulawesi

35 Ribu warga Kabupaten Luwu ogah buat E-KTP

Jum'at,  31 Mei 2013  −  13:22 WIB
35 Ribu warga Kabupaten Luwu ogah buat E-KTP
Ilustrasi (Dok Sindophoto)

Sindonews.com - Program Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) di Kabupaten Luwu masih belum tuntas dilaksanakan. Sebanyak 35 ribu warga masih belum mau melakukan proses rekam identitas. Selain itu, banyak pula warga yang mengembalikan E-KTP-nya lantaran tak sesuai dengan ijazahnya.

Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Dinas Kependudukan Kabupaten Luwu, Muhammad Subhan, banyak warga yang tidak mau datang ke kantor kecamatan untuk melakukan rekam identitas KTP.

"Mereka malas ke kantor kecamatan, karena jaraknya yang memang sangat jauh. Inilah persoalan sehingga program E-KTP yang dijadwalkan 2012 rampung hingga saat ini belum juga tuntas," jelasnya, Jumat (31/5/2013).

Maka itu, kami menggunakan pihak ketiga untuk turun ke desa-desa melakukan pembuatan rekam identitas warga untuk membuat E-KTP.

"Setiap hari kami harus mendatangi empat desa untuk merampungkan perekaman identitas warga," jelasnya.

Menurut Subhan, untuk kesalahan data, juga dialami Bupati Kabupaten Luwu Andi Mudzakkar. Bupati juga mengembalikan E-KTP-nya lantaran ada kesalahan nama dan biodata lainnya.

Terkait penuntasan program E-KTP di Kabupaten Luwu, lanjutnya, pihak rekanan diberikan toleransi selama 57 hari ke depan.

"Harus cepat, sebab data E-KTP ini diperlukan untuk pemutahiran data kependudukan, yang mana Kabupaten Luwu pada bulan September 2013 mendatang akan menggelar Pilkada," jelasnya.


(rsa)

views: 1.666x
shadow