KSPSI apresiasi inisiatif Polda Papua

Kamis, 30 Mei 2013 - 18:22 WIB
KSPSI apresiasi inisiatif Polda Papua
KSPSI apresiasi inisiatif Polda Papua
A A A
Sindonews.com – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mengapresiasi langkah sigap Kepolisian Daerah (Polda) Papua yang langsung melakukan penyelidikan atas peristiwa runtuhnya terowongan di areal pertambangan milik PT Freeport Indonesia, di Timika, Papua.

“Kami menghormati Polda Papua. Tanpa ada pelaporan, mereka langsung bergerak memeriksa. Ke depan kami harap diperhatikan masalah keselamatan kerja,” ujar Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea seusai menjadi pembicara dalam workshop tentang BPJS di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, (30/05/2013).

KSPSI menurut Andi akan menghormati hasil kerja tim investigasi jika memang dapat dipercaya.

“Kalau memang hasilnya independen, faktual dan absah, maka akan kami terima,” ucap Andi.

Namun, KSPSI mempertanyakan standar keamanan dan kelayakan bagi pekerja di terowongan Big Gossan yang menurutnya sangat tidak layak.

“Beberapa hari yang lalu, kami meninjau ke sana. Tempatnya panas dan ventilasinya minim,” ujar Andi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, longsor terjadi di terowongan bawah tanah Big Gossan milik PT Freeport Indonesia di Kabupaten Timika, Papua pada Selasa, 14 Mei 2013 dini hari tepatnya di Mile 74.

Dalam insiden tersebut, 28 orang dilaporkan tewas dan 10 lainnya terluka. Proses evakuasi memakan waktu 7 hari.

Para korban adalah karyawan PT Freeport Indonesia yang menjadi peserta pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yang berada di ruang kelas 11 Quality Management Services Underground. Bobot reruntuhan yang menimpa ruang ini diperkirakan tak kurang dari 500 ton.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9349 seconds (0.1#10.140)