Sumatera

Kapolda Sumsel: Muara Rupit sudah kondusif!

Kamis,  2 Mei 2013  −  15:17 WIB
Kapolda Sumsel: Muara Rupit sudah kondusif!
Warga Muara Rupit sebelum terjadi insiden berdarah dengan kepolisian (Foto: Hengky Chandra Agoes)

Sindonews.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol Saud Usman Nasution menyatakan kondisi di Kecamatan Rupit pasca bentrok sudah kondusif.

Atas kondisi tersebut-pun dirinya beserta jajarannya hari ini melakukan kunjungan ke daerah yang menuntut pemekaran wilayah tersebut.

"Situasi sudah kondusif. Sebagai Kapolda, saya sudah mengajukan permohonan maaf, bela sungkawa dan memberikan tali kasih kepada keluarga korban," ujar Kapolda Sumsel, Kamis (2/5/2013).

Dalam pertemuan itu, dirinya juga mengaku berdiskusi dengan tokoh masyarakat (tomas), dan tokoh agama di Kecamatan Muara Rupit dan Kecamatan Karang Dapo.

Mengenai adanya ketidakinginan masyarakat atas kehadiran polisi, Kapolda menegaskan, pertemuan yang telah dilakukan menjernihkan situasi yang ada.

"Apalagi tidak lama lagi pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel. Maka itu, Polri dituntut melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

"Untuk mendukung pengamanan tersebut, diperlukan sinergitas antara masyarakat dan polisi. Untuk sekarang anggota masih disiagakan penuh dan belum dilakukan penambahan," tambah Saud Usman.

Sementara itu, Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Pol Fiandar mengatakan, tidak ada penambahan personel aparat Polri di lokasi ricuh tersebut. Menurutnya, hanya ada rotasi untuk personel yang lama.

"Sekarang jumlah personel di lapangan sebanyak 185 orang. Jumlah itu termasuk diback up Polres Surolangun, Provinsi Jambi. Situasi sekarang sudah menurun tidak awal pasca bentrok di hari pertama. Suhu di lapangan terus menurun dan Jalinsum kembali lancar," jelasnya.


(rsa)

views: 2.267x
Bagikan artikel ini :
shadow