Jawa Tengah & DIY

PKPI tak ikut Pemilu Caleg tingkat kabupaten, di Sleman

Selasa,  23 April 2013  −  02:01 WIB
PKPI tak ikut Pemilu Caleg tingkat kabupaten, di Sleman
Ilustrasi.Okezone

Sindonews.com - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak akan mengikuti pemilihan calon legislatif (Caleg) Kabupaten di Sleman, pada Pemilu 2014 nanti.

Dari seluruh partai yang ikut, berjumlah sebelas partai, yang paling sedikit Bacalegnya adalah Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak 19 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Djajadi mengatakan, hari terakhir pendaftaran Bacaleg, ada delapan partai yang datang. Di antaranya, Gerindra, PKB, Golkar, Hanura, Nasdem, PDI Perjuangan, PBB, dan PPP.

"Pendaftaran kita tutup hingga pukul 16.00 WIB. Untuk PKPI memang sudah mengirim pesan singkat pada pagi harinya untuk tidak mendaftar, namun tetap kita tunggu sampai batas waktu," kata dia, Senin (22/4/13) sore tadi.

Sisa partai yaitu PKS mendaftar pada Jumat 19 April, PAN pada Sabtu 20 April, dan Demokrat pada Minggu 21 April. Seluruh Bacaleg yang didaftarkan, rata-rata berjumlah 50 orang, selain PBB yang paling sedikit, sebanyak 19 orang.

"Nantinya, akan memperebutkan 50 kursi di Legislatif tingkat kabupaten," katanya.

Sebelas partai yang akan mengikuti Pemilu Caleg tingkat kabupaten tersebut, seluruhnya telah menyerahkan berkas-berkas kelengkapannya. Nantinya, KPU akan melakukan pengecekan dalam waktu 14 hari.

Kemudian pada 6 Mei mendatang, KPU akan menyampaikan kepada masing-masing Partai, berkas apa yang masih kurang. Seperti, apakah fotokopy ijasah sudah dilegalisir, surat pernyataan dari pengurus partai.

"Partai politik (Parpol) mendapat waktu selama tujuh hari untuk memperbaikinya," ujarnya.

Setelah dilakukan verifikasi, kemudian KPU melakukan sidang pleno dengan tertutup. Baru kemudian, Daftar Calon Sementara (DCS) akan diumumkan.

"Sekitar Bulan Juni akan muncul DCS. Kalau sudah ada DCS, biasanya sudah banyak muncul gambar-gambar calon dipasang di tempat-tempat umum," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga dalam proses melakukan perencanaan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di enam Daerah Pemilihan (Dapil).

Sementara, pengurus PKPI Sleman, Rubimin mengatakan, pihaknya dalam pemilihan Caleg 2014 ini memang tidak mendaftarkan karena tidak ada calonnya. "Kami tidak mendaftar," katanya, melalui pesan singkat.

Terpisah, Ketua DPC Hanura Sleman, Dzit Khaeroni mengatakan, berkas Bacaleg yang didaftarkan dari partainya sebanyak 32 orang, dengan kuota kaum perempuan sebanyak 40 persen.


(lns)

views: 847x
shadow