Profil Ade Armando, Dosen UI yang Babak Belur Dihajar Massa Demo 11 April

Senin, 11 April 2022 - 17:23 WIB
loading...
Profil Ade Armando, Dosen UI yang Babak Belur Dihajar Massa Demo 11 April
Ade Armando babak belur dihajar massa saat demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR, Jakarta, (11/4/2022). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ade Armando babak belur dihajar massa saat demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR, Jakarta, (11/4/2022). Tak hanya itu, aktivis media sosial yang dicap sebagai pendukung pemerintah itu juga dilucuti celananya.

Beruntung, personel kepolisian berhasil mengamankan Ade Armando masuk ke Kompleks Gedung DPR meski dengan muka bonyok. Namun hingga kini aparat belum mengetahui siapa pelaku dan apa motifnya.

"Itu terjadi di dalam massa aksi ya, kita juga sudah melakukan evakuasi saat kejadian itu terjadi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan, Senin (11/4/2022).



"Ade Armando luka-luka dan kita belum tahu kondisinya. Motifnya juga belum tahu karena dalam aksi masa dia dipukuli," katanya.

Lalu siapa Ade Armando? berikut ini profilnya:

Ade Armando merupakan akademisi kelahiran Jakarta, 24 September 1961. Dia dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Ade Armando adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Mayor Jus Gani dan Juniar Gani. Orang tuanya berasal dari Minangkabau. Ayahnya pernah menjadi atase di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko dan Filipina di masa Presiden Soekarno. Namun setelah rezim Soekarno runtuh, Mayor Jus Gani harus melepaskan jabatannya dan terpaksa membawa keluarganya merantau ke Malaysia untuk berdagang.

Baca juga: Foto-foto Ade Armando Dihajar dan Celana Dilucuti Massa Demo 11 April di Kawasan DPR

Pada 1968, orang tua Ade Armando kembali ke Indonesia dan menetap di Bandung. Ade Armando menamatkan pendidikan di SD Banjarsari I Bandung pada 1973. Ia melanjutkan SMP Negeri 2 Bogor (tamat 1976), dan SMA Negeri 2 Bogor (tamat 1980).

Setamat SMA, Ade Armando menuruti saran ayahnya kuliah di FISIP UI untuk menjadi diplomat. Namun dalam perjalanannya, ia pindah ke jurusan ilmu komunikasi.

Di bangku kuliah itu, Ade Armando aktif di pers mahasiswa, Warta UI. Ia pun belajar jurnalistik langsung dengan Rosihan Anwar dan Masmimar Mangingat. Ade Armando akhirnya selesai kuliah pada 1988. Ia lalu meraih gelar Master of Science dalam population studies dari Universitas Negeri Florida pada 1991 dan mendapatkan gelar doktor dari Universitas Indonesia pada 2006.

Ade pernah berkarir sebagai wartawan, tapi lalu aktif di dunia penelitian dan aktivis. Saat ini ia dikenal sebagai pegiat media sosial yang pro terhadap pemerintah Jokowi. Ia juga rutin menyampaikan buah pikirannya melalui kanal YouTube dan sering kali berbuah kontroversi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)