Distribusi surat suara dijaga ketat aparat

Senin, 15 April 2013 - 15:37 WIB
Distribusi surat suara dijaga ketat aparat
Distribusi surat suara dijaga ketat aparat
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai secara simbolis mendistribusikan logistik kertas suara di sembilan kecamatan, Kabupaten Sinjai.

Untuk pendistribusian pertama, KPU Sinjai memperioritaskan ke daerah terpencil dan daerah sulit terjangkau. Yakni, di Pulau Sembilan yang harus ditempuh menggunakan perahu dengan perjalanan laut sejauh 1 kilometer.

Pelepasan logistik kotak suara yang digelar halaman kantor KPU dihadiri oleh Ketua KPU Sinjai Sofyan Hamid bersama anggota komisioner KPU dan disaksikan oleh unsur polres Sinjai.

Acara serah terima berita acara juga dilakukan oleh KPU kepada Panitia Pemilu Kecamatan (PPK). Selain itu, untuk pengawalan kotak suara hingga ke Kecamatan juga dilibatkan anggota Brimob polda dan TNI.

Ketua KPU Sinjai, Sofyan Hamid mengatakan, setiap PPK yang berada di masing-masing Kecamatan hari ini semuanya akan sampai. Pengiriman barang logistik tersebut dilakukan dengan pengawalan ketat dari unsur pengamanan.

Masing masing PPK akan menerimah kotak suara, diantaranya untuk Kecamatan Sinjai Utara sebanyak 78 kotak suara, kecamatan Pulau Sembilan, 16 kotak suara, Kecamatan Tellulimpoe 59 kotak suara, Kecamatan Sinjai Borong 39 kotak suara, Kecamatan Bulupoddo 36 kotak suara, Kecamatan Sinjai Timur 64 kotak suara, Kecamatan Sinjai Selatan 72 kotak suara, kecamatan Sinjai Barat 55 kotak suara dan Kecamatan Sinjai Tengah 56 kotak suara.

Sementara itu dalam kotak suara berisi surat suara sebanyak jumlah DPT ditambah dengan cadangan 2,5 persen, formulir C 13 rangkap, formulir C 2 besar 2 rangkap, Balpooint tujuh buah, spidol besar satu buah, spidol kecil dua buah, tanda pengenal KPPS tujuh lembar, tanda pengenal saksi sembilan lembar, binder klip, tinta dua botol, alat coblos empat buah, Segel 15 lembar, Lem/ perekat satu buah, lakban satu buah, karet gelang satu ikat, template satu lembar, kalkulator satu buah, dan bimnder klip dua buah.

"Untuk pendistribusian pertama kita lakukan di pulau Sembilan, sementara daerah kecamatan lain aman dan mudah terjangkau. Dan untuk pelaksanaan pemungutan suara kita harapkan 1-2 petugas kepolisian menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan ," harap Sofyan.

Sementara itu, Humas Polres Sinjai, H Abdul Karim, menjelaskan pihaknya telah berkodrdinasi KPU untuk melakukan pengamanan logistik dengan mengerahkan sejumlah aparat Brimob, Polisi dan TNI.

"Secara keseluruhan total pengamanan yang disiapkan mencapai 800 lebih polisi dan ditambah anggota TNI yang disebar titik daerah rawan di Kabupaten Sinjai," ungkapnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9461 seconds (0.1#10.140)