Pasokan menipis, harga cabai di Malang meroket

Sabtu, 23 Maret 2013 - 12:39 WIB
Pasokan menipis, harga cabai di Malang meroket
Pasokan menipis, harga cabai di Malang meroket
A A A
Sindonews.com - Pasokan cabai di beberapa pasar di Malang Raya dalam dua pekan terakhir ini menurun drastis. Akibatnya, harga cabai merangkak naik hingga Rp36 ribu per kilogram (kg).

Padahal, sebelumnya harga cabai sekitar Rp20 ribu per kg. Menurunnya pasokan cabai di daerah Malang, lantaran para petani cabai di daerah tersebut mengalami gagal panen yang disebabka faktor cuaca. Petani mengaku banyak cabai yang membusuk dan tidak bisa dipanen.

Pedagang sayur di Pasar Wajak, Malang, Sri Wahyuni mengatakan, pasokan cabai stiap hari biasanya 3 kwintal, kini hanya 1 kwintal. "Saya beli di petani Rp36 ribu per kilogram," kata Sri, Sabtu (23/3/2013).

Sementara, harga cabai di Pasar Batu lebih mahal dari pasar Malang Raya. Dari semula Rp30 ribu per kg, kini naik menjadi Rp 40 ribu. Kenaikan harga cabai disebabkan banyak petani gagal panen karena faktor cuaca sehingga cabai cepat busuk.

Kepala Pasar Batu, Supriyanto memperkirakan, harga cabai segera stabil karena produksi dalam negeri mencukupi. "Memang cabai ini rentan busuk ketika musim hujan," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)