Pilkada

Lima Cabup Kudus jalani tes kesehatan

Rabu,  27 Februari 2013  −  17:13 WIB
Lima Cabup Kudus jalani tes kesehatan
Calon Bupati Kudus inkumben Musthofa sedang menjalani tes kesehatan di RSUD Kudus. (moliez/koransindo)

Sindonews.com - Lima pasang calon bupati dan bakal calon wakil bupati (cabup–cawabup) peserta Pilkada Kudus menjalani pemeriksaan kesehatan. Jika terbukti mengkonsumsi narkoba, mereka akan dicoret.

Pemeriksaan general check-up meliputi penyakit dalam, syaraf, THT, mata, gigi dan laboratorium lengkap para bacabup - bacawabup memang dipersyaratkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus. Untuk pemeriksaan kesehatan jasmani, digelar di RSUD Kudus, Rabu (27/2/2013).

Sedang untuk pemeriksaan kesehatan rohani dan bebas narkotika serta zat adiktif lainnya rencananya akan digelar Kamis (28/2/2013) ini di RS Bhayangkara, Semarang.

Kelima pasang cabup menjalani pemeriksaan kesehatan secara bergiliran. Masing-masing, yakni pasangan Badri Hutomo–Sofyan Hadi yang diusung oleh gabungan parpol yang dimotori PKB.

Lalu, pasangan calon Musthofa–Abdul Hamid yang diusung gabungan parpol yang diusung PDI P. Lalu pasangan calon dari gabungan parpol yang dimotori Partai Golkar, yakni Budiyono–Sakiran.

Tak ketinggalan pasangan calon dari jalur perseorangan Erdi Nurkito – Anang Fahmi. Dan yang terakhir pasangan calon M Tamzil–Asyrofi Masyitho yang diusung
gabungan parpol yang dimotori Demokrat.

Ketua KPU Kudus, Gunari A Latief mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan baik yang sifatnya fisik maupun tes kejiwaan serta bebas narkoba para bakal pasangan calon sangat penting. Sebab hasil tes tersebut akan menentukan apakah lima pasangan ini layak ditetapkan sebagai peserta Pilkada Kudus 26 Mei mendatang.

“Namun hasilnya seperti apa, kita tunggu saja. Yang menentukan itu adalah tim dokter, kalau KPU hanya menerima hasilnya saja,” kata Gunari, di Kudus, Rabu (27/2/2013).


(ysw)

views: 1.188x
shadow