Bali & Nusa Tenggara

Pasar di perbatasan, Menteri Timor Leste langsung telepon

Rabu,  27 Februari 2013  −  16:14 WIB
Pasar di perbatasan, Menteri Timor Leste langsung telepon
Begiunilah suasana pasar di perbatasan, di Desa Napan, Bikomi Utara, NTT. (sefnatbesie/sindotv)

Sindonews.com - Pemerintah Timor Leste menyambut baik adanya pasar dan koperasi perbatasan yang sementara ini baru ada di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara Kabupaten Timor Tengah utara (TTU) NTT, Indonesia.

Keberadaan pasar Perbatasan saat ini sangat membantu warga dua negara yang hendak bertransaksi berbagai kebutuhan dasar, terutama warga yang tinggal persis di garis batas dan jauh dari kota.

Komandan Kodim (Dandim) 1618 TTU, Letkol Arm Eusebio Hornai Rebelo mengaku ditelepon langsung oleh Menteri Administrasi Negara Timor Leste, Jorge da Conceicao Teme yang mengapresiasi hadirnya pasar yang sangat membantu warga Distrik Oekusi, Timor Leste.

"Menteri Jorge Teme ketika menelepon saya, beliau mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya pasar itu, dan informasi pasar itu juga sudah sampai ke Perdana Menteri Xanana Gusmao," kata Rebelo di Kefamenanu, Rabu, (27/2/2013).

Rebelo menuturkan, sesuai pesan Jorge teme, pemerintah Timor Leste melalui Perdana Mentri Xanana Gusmao berharap pasar perbatasan ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Pemerintah Timor Leste mengharapkan kalau bisa kerjasama seperti ini bisa juga ada di beberapa titik lainnya di sepanjang garis perbatasan," terang Rebelo.

Sekadar diketahui, pasar perbatasan ini selain digunakan sebagai tempat transaksi barang, sekaligus sebagai ajang temu kangen antara warga Distrik Oekusi Timor Leste dan warga Kefamenanu Indonesia. Warga kedua negara ini masih terikat satu garis keturunan dan kekeluargaan.


(ysw)

views: 1.598x
shadow