Petani karet diserang hama jamur akar putih

Petani karet diserang hama jamur akar putih
Istimewa
A+ A-
Sindonews.com - Hama jamur akar putih menyerang tanaman karet milik para petani di Kecamatan Talang Ubi, Pendopo. Akibatnya, kualitas dan kuantitas produksi getah karet menjadi terganggu.

Seorang petani karet di Desa Simpang Raja Kelurahan Handayani Kecamatan Talang Ubi, Firman mengatakan, hama jamur akar putih ini telah menyerang sejak beberapa bulan terakhir. Dimana, hama yang telah menjadi wabah tahunan ini, tak hanya menyerang pada saat musim hujan saja, namun saat musim kering ataupun kemarau jamur akar putih inipun bisa saja muncul.

"Sudah puluhan batang tanaman karet saya diserang hama ini.  Akibatnya, produksi tanaman karet saya menjadi menurun," ujar Firman yang memiliki sekitar tujuh hektar kebun karet ini, Jumat (8/2/2013).

Namun demikian, kata Firman, dirinya belum bisa merinci secara pasti berapa besar kerugian yang dia alami. Sebab, hingga saat ini dirinya belum menghitung jumlah produksinya secara keseluruhan.

"Wabah tahunan ini juga menyebabkan menurunnya harga pasaran getah karet," paparnya.

Firman menjelaskan, hama jamur akar putih yang menyerang tanaman karet ini berupa cendawan berwarna putih kecil. Biasanya jamur tersebut menyerang bagian batang ataupun akar tanaman karet yang masih berusia remaja. Persisnya, kata dia, hama jamur akar putih ini bentuknya seperti penyakit panu.

"Pastinya kepada pemerintah kami berharap agar dicarikan solusi bagi pembasmian hama ini. Sebab, para petani belum berhasil membasmi hama tersebut dengan pengobatan yang dilakukan selama ini," ucap dia.

Senada, petani karet lainnya, Muklis menuturkan, hama jamur akar putih ini telah menyebabkan 25-30 batang tanaman karet berusia remaja mengalami penurunan produksi. Sebab, sebagian batang, dan akar telah terkena hama.

dibaca 5.731x
halaman ke-1 dari 2
Top