Pasukan perbatasan akan diganti, banyak pelanggaran bermunculan

Selasa, 29 Januari 2013 - 14:01 WIB
Pasukan perbatasan akan diganti, banyak pelanggaran bermunculan
Pasukan perbatasan akan diganti, banyak pelanggaran bermunculan
A A A
Sindonews.com - Jelang pergantian pasukan penjaga perbatasan di sepanjang garis batas RI-RDTL antara Yonif 312 Kala Hitam dari Kodam Siliwangi dengan Yonif 503 Kostrad, aktifitas di zona netral kembali terlihat.

Kegiatan ilegal itu mulai nampak di zona netral wilayah Kecamatan Bikomi Nilulat Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur (NTT).

Camat Bikomi Nilulat, Ludovikus Lake mengatakan, warga Timor Leste kembali beraktivitas di Zona netral Tububanat. Padahal sudah ada kesepakatan aga tidak ada aktivitas di zona itu oleh warga dua negara.

"Kesepakatan yang sudah dibuat akhirnya dilanggar karena dari warga Timor Leste justru menanam jagung, padi, dan hasil pertanian lainnya di zona unsurvey segment," kata Ludovikus Lake, saat dihubungi, Selasa (29/01/2013).

Pihak Kecamatan sedang berupaya melakukan pendekatan persuasif dengan warga. Sebab beredar isu, warga Kecamatan Bikomi Nilulat bakal mencegah sendiri kegiatan ilegal yang dilakukan oleh warga Timor Leste di zona netral.

Lima titik batas yang menurut warga setempat belum disepakati kejelasannya adalah Subina di Desa Inbate, Pistana di Desa Nainaban dan Desa Sunkaen, Tububanat di Desa Nilulat, Oben di Desa Tubu, dan yang terakhir Nefonunpo di Desa Haumeni Ana.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7388 seconds (0.1#10.140)