Ini jadwal kampanye Pilkada Jabar

Rabu, 23 Januari 2013 - 01:18 WIB
Ini jadwal kampanye Pilkada Jabar
Ini jadwal kampanye Pilkada Jabar
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) dan lima tim kampanye dari lima pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) Jabar akhirnya menyepakati jadwal kampanye dan pembagian daerah kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jabar.

Kesepakatan dicapai melalui rapat cukup alot di Sekretariat KPU Jabar, yang dipimpin komisioner KPU Jabar sekaligus Ketua Pokja Pencalonan Teten Setiawan.

"Kesepakatan bersama ini telah ditandatangani oleh lima pasangan calon, sehingga secara hukum sifatnya mengikat," kata Teten, di Sekretariat KPU, Jalan Garut, Bandung, Jabar, Selasa (22/1/2013).

Salah satu poin kesepakatan yakni seluruh tim kampanye menyepakati jadwal kampanye selama 14 hari 7-20 Februari 2013 di lima zona kampanye, yakni Jabar Barat, Jabar Utara, Jabar Tengah, Jabar Selatan, dan Jabar Timur.

Hari pertama Kamis 7 Februari 2013 penyampaian visi-misi dari 5 pasangan calon di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat. Ini dilanjutkan dengan Pawai Kampanye Damai oleh semua pasangan calon dan pemasangan alat peraga.

Pada Jumat 8 Februari 2013 kegiatan kampanye di daerah Jabar Barat diawali pasangan calon nomor urut pertama (Dikdik Muliana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib), hari kedua pasangan calon nomor urut dua (Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim), hari ketiga pasangan nomor urut tiga (Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana).

Kemudian hari keempat pasangan calon nomor urut empat (Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar), hari kelima pasangan calon nomor urut lima (Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki), dan seterusnya bergiliran hingga tanggal 20 Februari. Kampanye di daerah Jabar Utara pada Jumat 8 Februari diawali oleh pasangan calon nomor urut empat dan seterusnya.

Jabar Tengah diawali oleh pasangan calon nomor urut dua dan seterusnya, Jabar Selatan diawali oleh pasangan calon urut nomor lima dan seterusnya, dan Jabar Timur diawali pasangan calon nomor urut tiga yang juga bergiliran untuk hari-hari berikutnya hingga akhir masa kampanye.

Semua tim kampanye juga menyepakati pembagian daerah kampanye meliputi lima bagian, yakni Jabar Barat meliputi Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kab Sukabumi, Kota Sukabumi dan Kab Cianjur, Jabar Utara meliputi Kab Bekasi, Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Purwakarta dan Kab Subang.

Jabar Tengah meliputi Kab Bandung Barat, Kab Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kab Sumedang. Kemudian Jabar Selatan meliputi Kab Garut, Kab Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis dan Kota Banjar. Sedangkan Jabar Timur meliputi Kab Indramayu, Kota Cirebon, Kab Cirebon, Kab Kuningan dan Kab Majalengka.

Di lima zona kampanye itu, masing-masing calon akan melakukan kampanye secara bergiliran sesuai jadwal dari KPU Jabar yang sudah mereka sepakati. Kesepakatan berikutnya, pada hari kedua kampanye atau Jumat 8 Februari malam, semua pasangan calon mengikuti debat calon di stasiun Metro TV di Jakarta.

Teten menyebutkan, ada tiga kali debat lima pasangan calon yang disiarkan televisi. Selain di Metro TV, debat juga dijadwalkan tayang di Kompas TV pada 14 Ferbuari 2013 dan di TV One 20 Februari 2013.

Rapat tersebut juga hadiri KPU kabupaten/kota se-Jabar, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Ihat Subihat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5014 seconds (0.1#10.140)